6 Jenis Hobi Membantu Hidup Lebih Sehat dan Bahagia

foto google (ist)

SABER  |  Hampir setiap orang memiliki hobinya masing-masing untuk dilakukan di waktu senggang.

Ada yang hobi membaca buku, mendengarkan musik, dan menonton film.

Bacaan Lainnya

Ada beberapa hobi berupa aktivitas produktif yang terbukti manjur meningkatkan kebugaran tubuh dan kesehatan otak.

Berikut jenis hobi yang bisa membuat hidup lebih sehat:

1. Menari
Menari adalah salah satu cara yang efektif dan murah meriah untuk menjaga kebugaran tubuh sambil ditemani dengan alunan musik menyenangkan.

Ada banyak jenis tarian yang bisa tekuni sebagai hobi baru, mulai dari tarian tradisional, ballet, belly dance, aerobik, hip-hop, jazz, pole dance, salsa, tap dance, modern dance, latin dance, zumba, flamenco, dan masih banyak lagi.

Selain menyenangkan, menari juga menjadi salah satu latihan kardio yang baik untuk meningkatkan kebugaran jantung dan paru. Dengan aktif bergerak saat berdansa, secara tidak langsung mendorong tubuh untuk menghirup dan menggunakan oksigen secara lebih efektif.

Selain itu, latihan kardio juga dapat meningkatkan kekuatan dan kesehatan otot, serta meningkatkan stamina fisik secara keseluruhan.

2. Fotografi alam
Jika selama ini hanya hobi selfie atau foto makanan, putar arah kamera dan abadikan gambar alam sekitar.

Seni fotografi alam adalah contoh hobi yang sehat karena biasanya membutuhkan untuk mengunjungi tempat-tempat indah yang hanya dapat dijangkau dengan berjalan kaki atau hiking.

Hal tersebut dapat menjadi cara untuk tetap aktif bergerak saat sedang berlibur atau mengunjungi suatu tempat.

3. Masak
Hobi memasak bisa mulai tekuni hari ini untuk menggantikan kebiasaan makan fast food dan jajan di pinggir jalan.

Dengan memasak bisa menentukan sendiri bahan-bahan, cara memasak, dan jumlah porsinya sesuai kreativitas.

Selain itu, hobi memasak dapat mendorong ketelitian ketika berbelanja makanan seperti membaca label informasi gizi makanan, memilih bahan yang segar dan berkualitas baik, serta pemilihan metode pengolahan makanan yang lebih aman dan tidak mengurangi kandungan nutrisi yang terlalu banyak.

4. Berkebun
Berkebun memang kesannya panas-panasan dan kotor, tapi aktivitas merawat tanaman ini memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Yang pertama adalah merawat kesehatan kulit dengan berjemur sinar matahari pagi.

Selain itu, kegiatan fisik yang diperlukan selama berkebun, seperti mencabut ilalang, memotong rumput, mengatur pot tanaman, mengangkat beban, serta menggunakan alat berkebun dapat membantu meningkatkan kekuatan otot serta fleksibilitas tubuh untuk bergerak lebih luwes.

5. Menulis dan menggambar
Mencurahkan isi hati dengan menulis (entah tulis tangan atau mengetik) atau dengan menggambar dan corat-coret asal (doodling).

Menulis dan menggambar diyakini sebagai cara yang efektif untuk menenangkan pikiran semrawut saat berada di bawah tekanan berat dan memulihkan emosi negatif.

Selain itu, manfaat menulis juga dilaporkan dapat mempercepat proses penyembuhan luka operasi serta meningkatkan kualitasi hidup dan mengubah cara pikir pasien kanker untuk lebih gigih menjalani pengobatan.

6. Olahraga
Olahraga adalah contoh hobi yang manfaat kesehatannya tidak perlu diragukan.

Entah itu hanya jalan kaki, bersepeda, berenang, mendaki gunung, fitness, hingga menyelam, semua memiliki manfaat kesehatannya masing-masing bagi tubuh dan pikiran.(hellosehat*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.