Aparat Gabungan Ops Yustisi Gelar Aksi Pemasangan Masker

oleh

TATOR, SATU BERITA | Dalam rangka peningkatan disiplin masyarakat pada protokoler kesehatan pencegahan covid, Aparat gabungan Ops Yustisi mengawali dengan menyasar kedisiplinan warga di pasar tradisional Makale , Tator, Senin (14/09/2020).

Aparat gabungan Yustisi ini meliputi, personil Satpol PP, personil Polres Tana Toraja, personil Kodim 1414 / Tator, ikut serta Camat Makale, dan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Makale, yang keseluruhan berjumlah kurang lebih 40 personil.

Sasaran dari pelaksana operasi adalah pelanggar protokol kesehatan, diantaranya penjual, pembeli, pengguna kendaraan roda 2 dan roda empat dan orang orang yang ada di sekitar pasar Makale.

Cara bertindak yang dilakukan oleh Pelaksana Operasi meliputi :
– memberikan himbauan dengan menggunakan alat pengeras suara
– Menyusuri etalase pasar, menghimbau kepada warga pasar, baik penjual maupun pembeli untuk menggunakan masker.
– Memasangkan Masker kepada warga diketemukan tidak menggunakan masker sebagai implementasi humanisme dan sosialisasi.
– Menghentikan pengguna kendaraan roda maupun roda empat yang diketemukan tidak menggunakan masker, dan selanjutnya di sarankan untuk menggunakan masker .

Adapun temuannya meliputi :
– Sejumlah pengguna kendaraan roda dua dan roda empat tidak menggunakan masker, sehingga dilakukan langkah mengarahkan yang bersangkutan untuk mencari masker sebelum meninggalkan lokasi.
– Sejumlah warga yang tidak menggunakan masker, dan upaya yang dilakukan adalah memberikan masker kepada yang bersangkutan.

Pelaksanaan Ops Yustisi di pasar Makale dititik beratkan pada aspek sosialisasi yang berbentuk himbauan dan pemasangan masker , disertai dengan sosialisasi tindakan hukum yang akan di terapkan kepada pelanggar protokoler kesehatan pasca usainya masa sosialisasi.

Ops Yustisi tahap pertama akan dilaksanakan selama 10 hari , dari tanggal 14 s.d 23 September 2020, di tahap ini pelaksanaan operasi akan di isi dengan sosialisasi penerapan sanksi hukum kepada pelanggar Protokoler Kesehatan, himbauan dan aksi pemasangan masker.

Direncanakan, penerapan sanksi hukum kepada pelanggar protokoler kesehatan akan dilaksanakan pasca Ops Yustisi tahap pertama selesai dilaksanakan.

Aksi pemasangan masker di lakukan oleh Kabag Ops Kompol Pither Marimbun, Ipda Marthen Mannan, dan di ikuti oleh Kasi Intel Kejaksaan Negeri Makale .

Sementara sosialisasi rencana penerapan sanksi hukum kepada pelanggar protokoler kesehatan dilakukan oleh Sat Pol PP didampingi oleh Camat Makale, Ibu Letris Parubak.(win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *