Buka Rakorwil I IMEPI Sumapua, Ini Pesan Wakil Walikota Palopo

PALOPO, SABER | Wakil Walikota Palopo, Dr. Ir .H. Rahmat Masri Bandaso, M.Si membuka secara resmi Rakor wilayah I Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Indonesia (IMEPI) Sulawesi, Maluku dan Papua, Bertempat di gedung Muhammadiyah Convention Centre (MCC) , Senin, 29/3/2021.

Dalam kesempatan itu, Wakil Wali Kota Palopo menyampaikan bahwa pembangunan daerah saat ini tidak dapat dilepaskan dari pendekatan kajian ilmiah, karena itu dirinya berharap agar IMEPI mampu memberikan rekomendasi untuk mewujudkan akselerasi pembangunan.

Bacaan Lainnya

“Konsep pembangunan wilayah saat ini , khususnya di Kota Palopo harus dibangun dengan pertimbangan wilayah, baik secara geografis maupun historis, dengan tetap memperhatikan kompetensi dan beradaptasi dengan perubahan global yang terjadi saat ini, kita tidak boleh bergantung pada pola yang sifatnya stagnasi.

Berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan di Tana Luwu yang terdiri dari 3 kabupaten dan 1 kota, dirinya berharap agar ada agenda integrasi dan kolaborasi pelaksanaan Pembangunan dari keempat pemerintah daerah dengan membentuk Kawasan Ekonomi Terpadu. Dihadapan pimpinan universitas Muhammadiyah Palopo dan pimpinan universitas Andi Djemma Palopo serta seluruh peserta rakor wilayah IMEPI, wawali berharap pembentukan Kawasan Ekonomi Terpadu tersebut dapat menghilangkan egosentris pembangunan di masing-masing daerah, sekaligus mempercepat pelaksanaan pembangunan melalui loncatan yang siginifikan.

RMB juga mengajak kepada IMEPI, semua kalangan akademisi dan pihak perguruan tinggi agar menyikapi pembangunan berbasis digital. Menurutnya, kalau semua pihak tidak mampu mengadaptasi diri dengan pola digitalisasi maka dikhawatirkan akan tertinggal jauh.

Sebelumnya Wakil rektor Universitas Muhammadiyah Palopo Dr. Sapar Syafarudin, SE, M.Si dalam.sambutannya pada kesempatan itu menaruh harapan agar pembangunan infrastruktur transportasi seperti bandar udara di Tana Luwu dapat dimaksimalkan dengan hadirnya bandar udara yang lebih representatif sehingga dapat menunjang berbagai aktivitas berskala regional dan nasional di Tana Luwu, khususnya menunjang kemajuan sektor pendidikan di Kota Palopo sebagai daerah pendidikan terbesar kedua di Sulawesi Selatan.

Pembukaan rakorwil tersebut dilanjutkan dengan pelaksanaan seminar ekonomi wilayah yang mengusung tema ” proyeksi pembangunan wilayah dan tantangan di era destruktif” dengan menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya Dr.Muh.Yusuf (direktur Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Palopo), Ir.Rusyidi Rasjid, M.Si ( Kepala Bappeda Luwu Utara) ,Hj Raodhatul Jannah (Kepala Bappeda kota Palopo) dan Apriyanto Nurdin,M.Si ( direktur Celebes development center ). Acara tersebut selain dihadiri oleh pengurus IMEPI juga dihadiri oleh sejumlah mahasiswa dan kalangan umum.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.