Bukan Berarti Egois, Ini Alasan Kenapa Ibu Butuh Me Time

ist

SABER  |  Siapapun pasti butuh me time, tak terkecuali ibu, baik ibu hamil, yang baru melahirkan, maupun sedang mengurus anak.

Apalagi, banyak orang yang mengatakan jika menjadi seorang ibu adalah pekerjaan tersulit di dunia.

Me time bukan suatu hal yang egois jika itu dapat membantu menjadi lebih baik. Kenyataannya, ada situasi ketika ibu butuh me time dan beristirahat dari aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, me time sangat penting dilakukan. Setidaknya lakukan me time selama 15 menit sehari. Rencanakan untuk me time sekali atau dua kali dalam sebulan.

Pasalnya, menjadi seorang ibu bukanlah tugas yang mudah. Selain mengurus rumah, anak, dan suami, seorang ibu juga dituntut untuk sempurna.

Ibu dianggap harus kuat, tidak boleh mengeluh, dan harus bisa menjalankan peranan apapun. Kondisi inilah yang kerap menjebak para ibu untuk berlaku, seperti “wonderwoman”.

Berikut lima alasan dan manfaat mengapa penting bagi semua ibu butuh me time demi kebahagiannya:

1. Mengembalikan energi
Setelah seharian mengurus rumah dan anak, ibu pasti merasa lelah dan kehilangan energi.

NHS pun menyebut, ibu yang sedang hamil dan baru melahirkan lebih rentan lelah karena faktor perubahan hormon pada tubuhnya.

Oleh karena itu, ibu butuh me time untuk mengisi kembali jiwa, pikiran, dan tenaga Anda agar dapat mengurus segala sesuatunya.

2. Menjaga kesehatan mental anak
Bayi Anda juga perlu berada jauh dari Anda untuk beberapa waktu. Ini penting bagi anak Anda untuk mengembangkan ikatan emosional dengan orang-orang disekitarnya.

Pasalnya, jika terus berada di samping ibunya, anak akan terlalu bergantung pada ibunya, sehingga secara emosional, mental, dan otaknya tidak akan berkembang.

3. Membantu memperbaiki hubungan dengan suami
Membesarkan dan mengasuh anak memang dapat menyita banyak waktu untuk dihabiskan bersama suami.

Ibu dapat memanfaatkan me time ini untuk pergi makan malam bersama pasangan atau sekadar menonton film di rumah.

4. Menjadikan Anda ibu yang lebih baik
Untuk membesarkan seorang anak membutuhkan energi, kesabaran, dan pikiran yang sehat. Namun, perubahan suasana hati sering kali terjadi saat hamil dan setelah melahirkan.

Tak jarang, ibu mengalami baby blues atau depresi pascamelahirkan. Kondisi ini sering kali dialami oleh ibu baru yang tidak siap dengan adanya perubahan fisik pascamelahirkan.

Nah, melakukan me time dapat menjaga kesehatan mental saat hamil, setelah melahirkan, dan saat sibuk mengurus anak. Energi positif ini tentunya dapat memengaruhi anak-anak Anda.

5. Melepaskan rasa penat
Seorang ibu memang tak luput dari kesalahan. Namun, terkadang pikiran Anda sendiri yang menahannya untuk melepaskan rasa bersalah itu.

Pikiran-pikiran ini dapat membuat Anda merasa penat dan jengkel. Bahkan, seringkali secara spontan membuat Anda berteriak pada anak-anak.

Alih-alih mengalami semua itu, cobalah untuk melepaskan rasa bersalah Anda dan mengeluarkan kekesalan yang ada dalam diri Anda.

Anda juga bisa bercerita kepada sahabat atau keluarga terdekat atau mendengarkan lagu favorit sebagai pengantar tidur.(hellosehat*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.