Bupati Pimpin Apel Ops Lilin 2021, Polres Tator Libatkan 231 Personil Gabungan

oleh

TATOR, SABER | Polres Tana Toraja melaksanakan apel gelar pasukan operasi lilin 2021 dalam rangka, pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di plaza kolam Makale. Kamis (23/12/2021).

Apel serentak yang dilaksanakan diseluruh Indonesia bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam pelaksanaan Hari Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Pada pelaksanaan Operasi Lilin tersebut Polres Tana Toraja akan mempersiapkan 231 personil secara keseluruhan.

124 personil yang di tempatkan di Pos pengamanan dan pelayanan, 107 personil lainya di libatkan dalam harkamtibmas dan PAM Gereja.

Dalam Apel tersebut, Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung bertindak sebagai pemimpin sekaligus membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit yang isinya sebagai berikut:

1. Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan elaksanaan Operasi “Lilin 2021″ dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya.

2. Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian.

3.Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin – 2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari , mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022 , dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis , serta penegakan hukum secara tegas dan profesional . Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid – 19 , sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.

4.Dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru , Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri , 15.842 personel TNI , serta 55.086 personel instansi terkait lainnya . Personel tersebut akan ditempatkan pada 1,607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan, kamseltibcar lantas , dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian , pusat belanja , stasiun , terminal, bandara, pelabuhan, dll .

5.Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.

Kapolres Tana Toraja AKBP Sarly Sollu, mengatakan,tidak hanya Natal dan Tahun Baru yang kita selenggarakan pengamanan, namun juga kita harus mengendalikan penyebaran Covid-19. Kita ingin memastikan seluruh wilayah Tana Toraja berjalan dengan baik, sebagaimana diamanatkan Kapolri, agar kita memastikan keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalulintas bisa berjalan dengan baik.” ungkap Sarly saat mengikuti apel gelar pasukan.

Lanjut Sarly menambahkan agar pelaksanaan perayaan natal dan tahun baru ini dapat berjalan dengan aman dan kondusif namun dengan dukungan warga Tana Toraja.”cetus perwira dua bunga melati di pundak itu.

Hadir dalam apel ops lilin 2021 tersebut, Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, Kapolres Tana Toraja, AKBP Sarly Sollu, Dandim 1414/Tator, Letkol INF. Amril Haeruman Tehupelasury, Kasat Lantas Iptu Ibrahim yang juga sebagai perwira apel, PJU dan Perwira Polres Tana Toraja.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.