Cara Mudah Mengatasi Biji Kopi yang Diserang Kutu dan Cara Menyimpan Biji Kopi

oleh

Salah satu musuh terbesar biji kopi adalah kutu. Kutu pada biji kopi ini dapat menyerang green bean atau raw bean atau biji kopi mentah apabila biji kopi disimpan pada tempat yang tidak tepat. Pahami juga tentang cara memilih biji kopi berkualitas dan juga memilih obat kutu kopi yang efektif.

Case untuk kutu hijau kopi / biji kopi yang berkutu ini pastinya dialami oleh pelaku hasil bumi kopi. Kami yang bersentuhan langsung akan selalu bertanya apa penyebabnya dan yang terpenting bagaimana solusi yang tepat untuk membasmi kutu kopi ini ?

Beberapa hal yang menyebabkan kutu kopi mendatangi green bean:

  • Ruangan penyimpanan biji kopi lembab. Kondisi gudang inilah yang sangat disukai oleh kutu. Kutu akan datang dan berkembang biak bertelur dengan cepat.
  • Media penyimpanan yang kurang tepat. Umumnya jika biji kopi langsung bersentuhan dengan lantai atau tanah karena kondisi lantai yang lembab, pasti kutu datang cepat atau lambat.
  • Customer membeli biji kopi yang sudah ada kutunya ketika datang dari supplier. Ketika user menggabungkan biji kopi yang telah terkontaminasi kutu di tempat penyimpanan yang sama dengan kopi yang lainnya yang bersih, maka kutu akan menyebar dengan cepat ke biji kopi lainnya.

Solusi untuk mencegah biji kopi kita diserang oleh kutu:

  • Simpan biji kopi di tempat yang kering.
  • Tempat penyimpanan biji kopi harus memiliki sirkulasi udara yang baik.Jika sirkulasi udara kurang baik, gunakan AC atau Exhaust Fan pada ruangan. Anda juga bisa menambah Dehumidifier pada ruangan.
  • Green bean biji kopi di simpan menggunakan karung baru, jika bisa green bean di bungkus oleh plastik PE terlebih dahulu baru dimasukkan ke karung, agar kutu tidak bisa masuk melalui pori-pori karung.
  • Sanitasi sekeliling gudang dengan obat insektisida yang telah teruji secara laboratorium di lembaga indepeden terpercaya seperti Seameo Biotrop atau telah dipakai secara luas seperti SILOGUD 250 EC.

Solusi untuk mengatasi biji kopi yang sudah diserang oleh kutu:

  • Jemur semua kopi yang ada di gudang kita. Penjemuran harus dibawah terik matahari secara langsung. Jemur selama 2-3 jam setiap hari nya. Ketika dijemur, biji kopi sambil diaduk atau di bolak balik agar kutu pada terbang dan telur kutu mati. Lakukan ini selama seminggu penuh untuk memastikan kutu telah mati semua.
  • Fumigasi dengan obat fumigan yang terpercaya dan sudah diuji efikasi atau uji residu.

Anda tidak perlu cemas atau khawatir apabila biji kopi Anda sudah diserang oleh kutu, karena menurut eksperimen yang telah dilakukan beberapa pelaku usaha kopi, biji kopi yang terkena kutu setelah disangrai dan digiling tidak berubah aroma dan rasa kopi. Namun serangan kutu ini tetap menakutkan, karena jika tidak ditangani secara seksama, lama-kelamaan biji kopi akan bolong-bolong dan hancur karena dimakan oleh kutu.

Lalu bagaimana cara menyimpan Green Bean Biji Kopi ?
Cara menyimpan green bean biji kopi memegang peranan yang sangat penting. Topik tentang bagaimana cara menyimpan biji kopi ini akan dibahas disini juga. Green bean adalah bentuk biji kopi kopi luwak yang masih mentah. Sudah dibersihkan, dicuci, dan dikeringkan. Bentuknya berwarna hijau dan masih ada kulit ari yang menempel.

Warna green bean kopi luwak bisa bermacam-macam. Jika menggunakan sistem full wash, maka green bean akan berwarna kekuningan, jika menggunakan sistem semi wash (hanya dicuci dan langsung dikeringkan), maka green bean akan berwarna hijau.

Pada artikel ini, izinkan kami untuk share mengenai cara menyimpan green bean kopi luwak yang benar, agar bisa bertahan lama dan kualitas tetap terjaga.

Beberapa tips dari kami:

  • Simpan green bean di udara sejuk dan terbuka
  • Simpan di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik
  • Suhu penyimpanan green bean kopi luwak yang baik berkisar antara 20-28 derajat celcius
  • Simpan di tempat yang kelembapan nya berkisar antara 50-75%, anda bisa mengukur kelembapan dengan membeli alat RH temperature meter
  • Media penyimpanan terbaik untuk green bean kopi luwak adalah menggunakan karung goni. Ingat jangan menggunakan karung goni bekas beras, atau bekas benda lain selain kopi. Lebih baik menggunakan karung goni baru

Green bean yang disimpan dengan baik mampu bertahan hingga 2 tahun. Jika anda menyimpan dengan cara yang salah, maka nanti warna green akan cepat memudar, akan tumbuh jamur, muncul kutu, dan membuat green bean menjadi rusak. Semoga informasi ini bermanfaat.(dirman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.