DAK 5,5 M Dinas Pertanian Tidak Terserap, Anggota DPRD Tana Toraja Sesalkan

SABER, TATOR  |  Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik Pertanian tahun 2022 yang di gelontorkan untuk Dinas Pertanian dan Tananam Pangan, Holtikultura Kabupaten Tana Toraja, sebesar Rp 8,5 miliar, terancam tidak terserap 100 persen.

Pasalnya dana alokasi khusus (DAK) yang bersumber dari Kementerian Pertanian RI itu belum sesuai dengan peruntukannya.

Bacaan Lainnya

Anggota Komisi II DPRD Tana Toraja, Leo Tallupadang menyayangkan adanya anggaran yang tidak terserap oleh Dinas Pertanian, padahal di Kabupaten Tana Toraja banyak, masyarakat dan petani yang membutuhkan, sehingga dampaknya tahun anggaran 2023 nanti bisa tidak mendapatkan bantuan dari Kementerian Pertanian.”ujar Leo.

DAK Pertanian yang diberikan pemerintah pusat pada tahun anggaran 2022 ini sebesar 8.5 Milyar, dari 8,5 Milyar tersebut hanya 3.5 Milyar saja yang bisa terealisasi. Sudah dipastikan 5,5 Milyar kembali kepusat”,ujar Leo usai rapat Badan Anggaran. Kamis (21/7/2022).

Lanjutnya, pihaknya pun berencana akan menanyakan ke TAPD dan OPD terkait, mengapa dalam perencanaan dan realisasi kegiatan tidak sikron, sehingga berdampak pada realisasi DAK tersebut.

“Anggaran ada tetapi tidak bisa terealisasi karena lokasi kegiatan tidak jelas, status tanah tidak jelas. Ini terjadi akibat karena perencanaan tidak matang dan melihat langsung kondisi lokasi. “sesal Leo yang juga anggota Badan Anggaran DPRD Tana Toraja ini.

Dikesempatan yang sama, Ketua Pansus LHP BPK 2021, Andarias Tadan mengatakan tidak terserapnya DAK dari tahun ke tahun kerap terjadi, di Dinas Pertanian akibat kurang cermatnya sistem perencanaan.”katanya.

“Dinas Pertanian harus mencermati dengan seksama proposal yang akan dimasukan dalam sistem Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran (KRISNA), jangan asal kirim saja. “tegas Andarias Ketua Fraksi Hanura DPRD Tana Toraja.

Kendala yang terjadi sekarang, hingga DAK Pertanian hanya terserap 3,5 Milyar antara lain alas hak lokasi kegiatan, data penerima kegiatan. “jelas Andarias.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.