Dukung Peningkatan Kapasitas Wartawan, PT Vale Fasilitasi UKW di Makassar

SABER, MAKASSAR  |  PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) bekerja sama dengan Bisnis Indonesia Learning Center (BILEC) menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW), di Makassar pada, Jumat (11/4/2022).

UKW ini diikuti 22 wartawan media massa dari berbagai platform yakni siber, cetak dan radio.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini juga melibatkan Pewarta Ekonomi Makassar (PENA) sebagai mitra penyelenggara. UKW akan berlangsung selama tiga hari, yakni 4 hingga 6 November 2022.

Sebelumnya, PT Vale telah melaksanakan kegiatan yang sama di Kendari, untuk para pewarta di Sulawesi Tenggara.

Head of Communications PTVI Bayu Aji mengatakan, UKW Makassar ini merupakan salah satu bentuk komitmen keberlanjutan yang diusung oleh perseroan. “UKW sejalan dengan komitmen kami terhadap keberlanjutan, Kami mendukung peningkatan profesionalitas dan kualitas wartawan sebagai mitra strategis kami,” terangnya.

Bayu juga berharap agar UKW Makassar bisa memberikan manfaat besar terhadap insan pers sehingga mewujudkan ekosistem jurnalistik yang berkualitas dan berkelanjutan.

UKW dibuka dengan sesi diskusi bertajuk “Media Meet-Up: Media dan Reportase Pertambangan”, dengan Bayu sebagai narasumber didampingi Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Maria Benyamin dan Akademisi Universitas Hasanuddin Irwan Ridwan Rahim.

Diskusi berlangsung interaktif dengan banyak pertanyaan kritis dari wartawan yang hadir, maupun yang mengikuti sesi ini secara online.

Atas kegiatan UKW ini, General Manager Bisnis Indonesia Learning Center Irsad Sati, menyampaikan rasa terima kasih kepada PT Vale telah diberikan kepercayaan untuk berkolaborasi dengan Vale melaksanakan UKW.

“Sebagai salah satu pemegang lisensi pelaksana UKW dari Dewan Pers, Bisnis Indonesia terus berupaya berpartisipasi aktif dalam menciptakan insan pers yang profesional, kompeten serta memastikan berjalannya praktik prinsip jurnalistik yang sesuai dengan amanat Undang-Undang Pers,” ungkap Irsad.

Pada akhir sesi diskusi, Senior Coordinator Media Relations PT Vale Suwarny Dammar, juga mengajak peserta UKW untuk mengikuti Vale Journalistic Writing and Photography Contest (JWPC) 2022.

PT Vale mengadakan kompetisi tahunan ini untuk memberikan apresiasi kepada insan pers yang melakukan karya peliputan seputar praktik pertambangan berkelanjutan. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.