Hadiri Kampanye Penurunan AKI/AKB di Kec. Makale, Bupati Theofilus Sebut Pentingnya Gizi Pada Bayi

SABER, TATOR  |  Bupati Tana Toraja Theofilus didampingi Ketua TP PKK Yariana Somalinggi, menghadiri Kampanye Percepatan Penurunan angka Kematian Ibu dan Bayi (AKI/AKB) juga launching pencanangan bulan pemantauan tumbuh kembang balita, di Kecamatan Makale. Jumat (5/8/2022).

Bacaan Lainnya

Pertemuan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Tana Toraja Zadrak Tombeq, Kadis Kesehatan Tana Toraja dr Ria Minoltha Tanggo, pengurus PKK Kec. Makale serta undangan lainnya.

Bupati Theofilus menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk membantu pemenuhan dan peningkatan gizi keluarga. kurangnya gizi pada anak balita yang mengakibatkan anak tersebut mengalami gagal tumbuh dan kembang. Kondisi gagal tumbuh dan kembang tersebut bukan hanya berpengaruh kepada fisik, namun juga daya pikir dan Kesehatan anak.”sebutnya.

“Kader kesehatan itu perannya penting guna menekan AKI/AKB, untuk mengawasi Ibu hamil pada saat persalinan dan perawatan selama masa nifas.” tambahnya.

Theo juga menyebutkan menjaga kesehatan saat hamil merupakan hal yang perlu diperhatikan dengan hati-hati. Menjaga kesehatan tubuh ini bisa dilakukan baik secara fisik dan emosional. Pada saat kehamilan, seorang ibu sangat perlu menjaga kesehatannya karena perubahan yang terjadi di tubuhnya. Pasalnya, pada saat kehamilan terdapat janin juga di dalam kandungan.

Mempersiapkan kesehatan yang tepat bisa sangat penting untuk menentukan perkembangan janin. Hal ini bisa berpengaruh lebih jauh hingga pertumbuhan bayi setelah sudah lahir.”imbuhnya.

Lanjut Dia katakan pemenuhan gizi ibu hamil adalah yang terpenting pada masa kehamilan. Dengan mendapatkan gizi yang seimbang dan baik, ibu hamil dapat mengurangi resiko kesehatan oleh karena itu, memperhatikan asupan makanan dan juga nutrisi sangat penting dilakukan oleh ibu hamil maupun keluarganya.

Dengan memberikan makanan yang cukup mengandung karbohidrat dan lemak sebagai sumber zat tenaga. Dan sebagai sumber zat pembangun protein mendapatkan tambahan minimal zat besi, kalsium, vitamin, asam folat dan energi.” ujarnya.

Semoga pertemuan ini mampu menjadi penyemangat dalam percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi juga pemantauan tumbuh kembang balita serta pencengahan stunting. “tandas Bupati Tana Toraja.

Perlu diketahui acara ini dilanjutkan penyerahan benih sayuran secara simbolis dalam rangka intervensi pencegahan dan penuruhan angka stunting oleh Wakil Bupati Tana Toraja Zadrak Tombeq.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.