Kanwil Kementerian Hukum dan HAM SulSel Gelar Rakor Bersama Pemkot Palopo, Bahas Ini

oleh

PALOPO, SATU BERITA ~ Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Menggelar Rapat Koordinasi Kriteria Penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kota Palopo tentang Pembentukan dan Harmonisasi Peraturan Daerah, yang berlangsung di Auditorium Saokotae, Kamis 18 Juli 2019.

Laporan Panitia Budi Utomo menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah mendorong Pemerintah kabupaten/kota untuk melaksanakan penguatan, pemenuhan, perlindungan dan kemajuan Hak Asasi Manusia.

Sambutan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Drs. Priyadi Bc.IP, M.Si menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya serta ucapan terima kasih kepada pemerintah kota palopo atas kesediaan bekerjasama dalam penandatanganan nota kesepahaman.

Indonesia adalah negara hukum yang memiliki komitmen yang sangat tinggi bersumber pada pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 di masukannya 10 pasal yang mengatur tentang HAM memperlihatkan bahwa Indonesia sangat menghormati HAM.

HAM adalah salah satu indikator dalam menunjukkan tingkat kemajuan suatu negara dan kementerian Hukum dan HAM saat ini sudah membentuk dan membangun kabupaten/kota peduli HAM yang beradab dan mulia.

Tujuan diselenggarakannya rapat koordinasi kabupaten/kota peduli HAM ini adalah memperkenalkan dan memberikan penjelasan teknis mengenai peraturan Menteri Hukum dan HAM.

Kemudian mengembangkan sinergitas organisasi perangkat daerah dan instansi vertikal di daerah serta Memberikan penilaian terhadap struktur, proses dan hasil capaian kinerja pemerintah kabupaten/kota
dalam rangka penghormatan, pemenuhan, perlindungan dan penegakan HAM.

Sambutan Walikota Palopo HM Judas Amir menyampaikan Apresiasi dan selamat datang kepada kepala kantor wilayah kementerian hukum dan HAM beserta rombongan di Kota Palopo.

Adanya Penandatanganan yang sudah dilakukan merupakan bagian setiap rencana yang ingin dilakukan kedepan dan ini nilainya sangat besar untuk kepentingan pemerintahan.

Dan berharap kepada kantor Kemenkumham untuk selalu dibimbing hal-hal terkait tentang pelanggaran termasuk pelanggaran HAM.

Semoga pertemuan kita ini bukan hanya dinikmati saat ini tapi memberikan juga manfaat untuk masyarakat kota Palopo untuk kedepannya.

Turut Hadir Kepala Kejaksaan Negeri Kota Palopo, Nur Yalamlan Cayana, SH., MH, Wakapolres, Kompol Wiro Susilo, Para kepala perangkat daerah kota Palopo, serta undangan lainnya.(Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *