Kapoksahli Pangdam Hasanuddin Pimpin Upacara Penutupan TMMD di Luwu

SABER, LUWU | Kapoksahli Pangdam XIV/Hsn, Brigjen TNI Tri Saktiyono pimpin langsung upacara penutupan Program kerja sama Pemerintah Daerah bersama TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120, bertempat di Kec. Bua, Kab. Luwu. Jumat (7/06/24).

Upacara penutupan tersebut ,Dandim 1403/Palopo Letkol Arm Kabit Bintoro, melaporkan hasil pelaksanaan TMMD yang berlangsung selama satu bulan di Desa Pammesakang, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu.

Bacaan Lainnya

Program Kerja dan Anggaran Kodim 1403/Palopo khususnya Bidang Teritorial yang dimana kegiatan TMMD ke -120 menyasar kegiatan Fisik yang di antaranya:

Pembuatan Jalan Tani 3.435 meter 100%
2.Pembuatan irigasi 572 meter 100%
3.Rehab RTLH 8 unit 100%

Sedangkan sasaran Non Fisik berupa ;

Penyuluhan Wasbang 100 %.
2.Penyuluhan Bela Negara 100 %.
3.Penyuluhan Stunting 100 %.
4.Penyuluhan Kesehatan 100 %.
5.Penyuluhan Penyuluhan KB Kesehatan 100 %
6.Pengobatan Gratis 100 %

Dan selanjutnya sasaran Program Unggulan Kasad yang diantaranya ;

Rehab MCK 4 Unit 100 %
2.TNI AD Manunggal Air 3 unit :
• Unit 1 100 %
• Unit 2 100 %
• Unit 3 100 %
3.Pembersihan pasar 100 %
4.Ketahanan pangan penanaman jagung 10 Ha 100 %
5.Penanaman mangrove 200 pohon 100 %
6.Percepatan Stunting 20 orang 100 %

Kemudian selanjutnya sasaran tambahan fisik yakni Penguatan tebing sungai 35 meter yang sudah mencapai 100 %

Dandim 1403 menjelaskan bahwa TNI Manunggal Membangun Desa bertujuan membantu Pemda dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bersifat fisik maupun non fisik dan memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang Juang, Alat Juang, Kondisi Juang yang tangguh.”ucapnya.

Selanjutnya, Pangdam XIV Hsn yang yang diwakili oleh Kapoksahli Pangdam XIV/Hsn, Brigjen TNI Tri Saktiyono mengatakan bahwa upacara penutupan ini menandai þerakhirnya program TMMD Ke-120 yang dilaksanakan secara serentak dimulai pada tanggal 8 Mei sampai dengan 7 Juni 2024 di 4 (empat) wilayah Kodam XIV/ Hasanuddin diantaranya Kabupaten Luwu, Kepulauan Selayar, Majene dan Kolaka.

Kegiatan TMMD ke-120 yang melibatkan TNI dalam program pemerintah pada dasarnya telah sesuai dengan amanat dalam Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004, khususnya tentang tugas TNI pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu memberdayakan wilayah pertahanan secara dini sesuai dengan Sistem Pertahanan Semesta dan membantu tugas Pemerintah di daerah, khususnya dalam aspek pembangunan kualitas dan kesejahteraan masyarakat.”ujarnya.

Berkenaan dengan itu, TNI bersama Pemerintah Daerah dan Polri serta berbagai komponen masyarakat, bahu membahu menyelesaikan sasaran TMMD Ke-120 baik fisik maupun non fisik, hal tersebut sejalan dengan tema TMMD yaitu “Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”.

Adapun upaya-upaya yang telah dilakukan oleh satuan jajaran Kodam XIV/Hasanuddin pada TMMD ke-120 kali ini antara lain adalah program rehabilitasi RTLH sebanyak 11 unit, peningkatan jalan tani sepanjang 3.735 meter, perintisan jalan sepanjang 8.000 Meter dan pembuatan jembatan 2 unit, pembuatan drainase/irigasi 1.572 meter, pembuatan duicker 18 buah, pembuatan bronjong sungai 175 meter, rehab Masjid 3 unit, pembuatan MCK 5 unit, dan penataan lapangan sepak bola 1.200 meter.

Pada program Unggulan Kasad yaitu, Manunggal air berupa sumur bor dan pipanisasi 12 titik, ketahanan pangan seluas 14 hektar, penanaman pohon 700 pohon dan pembersihan pasar serta pembersihan saluran irigasi.

Sasaran non fisik diarahkan pada menumbuhkan kekebalan dalam menghadapi isu-isu disintegrasi bangsa diantaranya penyuluhan tentang hukum, wawasan kebangsaan, bahaya Narkoba, Kesehatan, Perikanan, Peternakan, Kamtibmas dan Penggunaan Media Sosial, serta menambahkan materi Stunting (gizi buruk), Posyandu dan Posbindu PTM (Penvakit Tidak Menular).

Pada kesempatan ini, Pangdam XIV/Hsn memberikan pesan untuk tetap pertahankan semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-Rakyat dengan selalu hadir d di tengah masyarakat dan membantu menyelesaikan masalah serta memberikan kontribusi untuk kesejahteraan masyarakat. Jangan mudah terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan Bangsa.

Kemudian , tingkatkan semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini guna menjaga Imunitas Bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan terhadap keutuhan wilayah dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,

Serta pelihara hasil program TMMD ke-120 ini, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang, kepada para Dansatgas TMMD ke-120, lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang.

Dan kepada para prajurit TNI, Polri dan Dinas terkait yang tergabung dalam Satgas TMMD, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi dan kerja keras kalian. Dengan selesainya kegiatan ini, segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan.

Selesai upacara dilanjutkan dengan pembagian sembako kepada warga kurang mampu ,kemudian pemeriksaan kesehatan,Bazar Murah dan setelah itu Kapoksahli Pangdam XIV/Hsn,Brigjen TNI Tri Saktiyono bersama rombongan dengan menggunakan kendaraan roda melakukan peninjauan hasil kegiatan TMMD ke -120 di Desa Pammesakang.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *