Kota Palopo Terima Penghargaan Kab/Kota Layak Anak

SABER, PALOPO  |  Wali Kota Palopo, H.M Judas Amir mengikuti malam Penganugerahan Apresiasi Kabupaten/Kota Layak Anak tahun 2022, oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak secara virtual di Rujab Wali Kota Palopo, Jumat, 22 Juli 2022.

Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2022, dilaksanakan berdasarkan peran Pemerintah Kabupaten/Kota atas komitmen yang tinggi dalam mewujudkan KLA melalui 24 indikator, merujuk pada Undang-Undang No 35/2014 tentang perubahan Undang-Undang No 23/2002 tentang perlindungan anak.

Bacaan Lainnya

Melalui Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak diberikan kepada 312 Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia termasuk Kota Palopo.

Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan secara umum kita ketahui bahwa anak memiliki 4 hak dasar yaitu hak untuk hidup, hak untuk tumbuh berkembang , hak untuk mendapatkan perlindungan, dan hak partisipasi.

Dalam pemenuhan hak-hak tersebut yang bersifat kompleks dan multi sektoral sehingga komitmen lintas sektor menjadi sangat esensial.

Bintang juga menjelaskan dasar hukum pelaksanaan KLA di Indonesia menjadi lebih kuat sehingga memberikan kemudahan dan keleliasaan bagi Pemerintah daerah untuk berinovasi berkreasi sebanyak mungkin agar program KLA dapat berkembang sesuai dengan potensi dan kearifan lokal masing-masing daerah yang nantinya mendukung terbentuknya profila ( profil anak), berharap peran Provinsi secara aktif dalam penyelengaraan maupun evaluasi pelaksana KLA.

“Dalam pemberdayaan perempuan demikian juga dengan hak anak perlindungan anak, kedepan ini kita akan mengembangkan strategi desa ramah perempuan peduli anak, harapan kami kepada bapak/ibu para pimpinan daerah yang hadir untuk mendukung untuk mewujudkannya” ungkap menteri PPA.

“Dengan semangat sinergi dan kolaborasi yang kita lakukan kita bisa mewujudkan perempuan yang berdaya, anak tetrlindungi, Indonesia maju” tutupnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Palopo, Suriani Suli mengatakan berterima kasih atas penghargaan yang diberikan, itu tak luput dari semua kerjasama dan usaha para Perangkat Daerah terkait yang bersungguh-sungguh memberikan yang terbaik untuk Palopo sebagai Kota layak anak.

“Muda-mudahan kedepan kita lebih baik lagi, berkomitmen agar Palopo terus meningkatkan pemenuhan hak anak, terbukti dengan berkurangnya kekerasan terhadap perempuan dan anak yang ada di Palopo setiap tahun” tuturnya.

Turut hadir, Asisten III H.M. Ishaq Iskandar, Kadinsos Awaluddin, jajaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.