Mantan Wakil Walikota Palopo (RMB) Berbagi Ilmu Lewat “Ma’guru ri Mega Plaza”

oleh

PALOPO, SATUBERITA | Rahmat Masri Bandaso (RMB) , mantan Wakil Walikota Palopo yang juga Wakil Ketua DPD Sulsel Asosiasi Pengembang Indonesia berbagi inspirasi di Social Barn di Lantai 4 Mega Plaza Jl. KH. Ahmad Dahlan Palopo, Minggu 27 Mei 2018.

Disampaikan RMB, Palopo sewaktu ia menjabat wakil walikota Palopo perkembangan perekonomiannya sangatlah pesat. Dibuktikan dengan perputaran uang yang semakin besar, investasi pihak swasta juga meningkat tajam dan munculnya kawasan-kawasan sentra ekonomi yang menunjang Palopo sebagai kota jasa, kota pendidikan dan kota budaya.

“Indikator ekonomi kota Palopo yang kian meningkat dapat kita lihat pada perbandingan lima tahun lalu, dimana daya beli masyarakat saat ini semakin baik, pendapatan perkapita lima tahun lalu hanya Rp. 24 juta sekarang sudah berada di angka Rp. 35 juta per kapita per tahun per orang. Indikator lainnya adalah APBD kita sekarang sudah Rp. 1 trilyun lebih, nah dari angka itu terdapat tantangan dan sekaligus harapan,” papar RMB.

Pengusaha properti yang dikenal tak pelit membagi ilmunya pada enterpreneur muda Palopo.

Secara singkat, RMB juga membagi kiat-kiat agar iklim usaha di Palopo cepat bertumbuh dan berkembang serta peran kaum muda yang tidak tinggal diam untuk terus memacu potensi ekonomi agar bisa bersaing dengan SDM dari luar kota.

“Tantangan kita adalah mengurangi angka pengangguran, dimana tentu kita harus lebih banyak mencetak insan-insan muda untuk menjadi enterpreneur dan bukan hanya bermimpi menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Pemerintah harus mendorong lebih banyak lagi pelatihan kerja bagi lulusan SMA maupun mereka yang putus sekolah, dan Palopo harus mencetak tenaga andal yang dipersiapkan secara baik.

Balai-balai Latihan Kerja harus dikembangkan, ekonomi kreatif masyarakat harus didorong supaya kompetitif sehingga lebih banyak lagi lapangan pekerjaan yang masyarakat dapat ciptakan sendiri, serta swasta harus kita rangsang dengan kemudahan perijinan yang cepat, mudah dan murah,” ucap RMB memberi penekanan.

Rencananya, ‘Talkshow Inspiratif’ Magguru ri Mega Plaza untuk jadwal Senin 27 Mei 2018 besok akan diisi oleh legislator muda partai Golkar, Steven Hamdani, yang memilih tema ‘Peranan Pemuda Jaman Now dalam Percaturan Politik’.

Lalu pada Selasa 28 Mei 2018 narasumbernya adalah Dr. Suaedi, mantan rektor UNCP yang juga Ketua APTISI Tana Luwu-Tana Toraja serta pada Rabu 29 Mei jurnalis muda yang juga Redpel MediaDutaOnline sekaligus Pemred Suarata’.com akan mengisi panggung mini cafe di pusat perbelanjaan modern dan terlengkap di Luwu Raya.

Ma’guru ri Mega Plaza ini akan berlangsung hingga tanggal 14 Juni 2018, dengan tujuan untuk berbagi inspirasi dan pokok pikiran dari seorang tokoh masyarakat kepada para pengunjung kafe Social Barn.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *