Pemkot Palopo Dukung Penuh Pengembangan Komoditas Rumput Laut

oleh

PALOPO, SATU BERITA | Dalam rangka kegiatan Penyusunan Roadmap Sistem Inovasi Daerah (SIDA) Kota Palopo Tahun 2019-2023 dan tindak lanjut kerjasama antara Pemerintah Kota Palopo dan Bank Indonesia tentang pengembangan Komoditas Rumput Laut di Kota Palopo.

Maka dengan itu Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Palopo menggelar Focus Group Discussion (FGD) Biostimulan Berbahan Rumput Laut di Aula Kantor Balitbangda Kota Palopo, Rabu 16 Oktober 2019.

Mewakili Walikota Palopo, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kota Palopo, DR. dr. Ishaq Iskandar yang juga Plt. Kepala Balitbangda Kota Palopo membuka kegiatan FGD menyampaikan optimalisasi pengembangan usaha dari Rumput Laut di Kota Palopo selama ini, sangat mendapatkan perhatian besar dari Pemerintah Kota Palopo.

Biostimulan yang dibuat berbahan organik atau alami, dimana bahan-bahan ini begitu banyak manfaatnya. Penggunaan Rumput Laut sebagai bahan dasar pupuk organik sampai saat ini masih belum optimal, sementara Indonesia khususnya di Kota Palopo memiliki beragam jenis rumput laut yang tersebar di seluruh perairan yang ada di Indonesia termasuk di Kota Palopo dapat dimanfaatkan.

“Tentunya Biostimulan Berbahan Rumput Laut ini akan sangat berguna untuk peningkatan pertumbuhan dan peningkatan produksi tanaman untuk itu perlu pengkajian yang lebih mendalam”.

Sementara yang memimpin FGD, Sekretaris Balitbangda, Taufik Nur Rahman menjelaskan tujuan dan sasaran pengembangan Biostimulan hingga tahun 2023 yaitu termanfaatkannya Biostimulan berbahan baku Rumput Laut Glacillaria secara masif hingga mensubtitusi kimia hingga 10% di Tahun 2023.

Adapun sasarannya yaitu aplikasi teknologi pembuatan Biostimulan kepada sejumlah kelompok, aplikasi/uji coba demplot pemanfaatan produk stimulan melalui sinergitas dan kegiatan OPD terkait, terbentuknya sejumlah unit usaha produksi Biostimulan.

Narasumber dari Ahli Peneliti Utama Kementerian Kelautan RI, Ir. Jamal Basmal M.Si. Turut hadir pada kegiatan FGD Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo, A. Bakhtiar, seluruh perwakilan masing-masing Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Palopo.(us/hum)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *