Pemkot Palopo Gelar Rakor Dukung Persiapan FKN ke XIII 2019

oleh

PALOPO, SATU BERITA | Pemerintah Kota Palopo menggelar rapat koordinasi bersama Ketua RT, RW dan LPMK se Kota Palopo dalam rangka persiapan dukungan terhadap pelaksanaan Festival Keraton Nusantara ke XIII (FKN) tahun 2019, bertempat di Ruang Pola Lt. II, Kantor Walikota Palopo, Kamis, 22/8/2019.

Walikota Palopo, Drs. HM. Judas Amir, MH, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Festival Keraton Nusantara (FKN) ke XIII tahun 2019 di Kota Palopo nanti akan dihadiri kurang lebih 200 Raja-Raja dan Sultan se Indonesia, bahkan ada juga dari negara tetangga kita seperti, Malaysia, dan Brunei Darussalam, seluruh penginapan dan hotel yang ada akan dimaksimalkan untuk tempat menginap para tamu yang akan menghadiri FKN ke XIII ini.

Lanjut lagi Walikota mengatakan bahwa “Kita patut bersyukur bahwa Kota Palopo menjadi tuan rumah pada event tingkat nasional ini, oleh karena itu, kita semua benar-benar harus mendukung acara ini, karena ini juga bahagian untuk mempromosikan Kota Palopo dan menjadikan ukuran bagi Kota Palopo untuk melaksanakan acara-acara besar di waktu-waktu mendatang. jadi kita harus melaksanakan agenda ini dengan profesional, dan penuh tanggung jawab,” tegas Judas.

Kepada seluruh Ketua RT/RW/LPMK, saya sampaikan tetap menjalankan dengan apa yang telah diprogramkan, karena tugas RT/RW/LPMK itu sangat penting, semua hal yang terjadi dalam wilayahnya, dan wajib untuk terus memperbaiki pendataan penduduk sesuai dengan yang ada di wilayah masing-masing dan saya ingatkan untuk seluruh RT, agar menpunyai data semua kartu keluarga yang ada di wilayahnya, ini untuk mengantisipasi hal-hal yang kita tidak inginkan, oleh karena itu mari kita semua menjaganya dan menyambut tamu kita dengan baik.”tutup Judas.

Berikut Rundown/Jadwal Acara FKN ke XIII Tahun 2019 Tana Luwu:

Tanggal 6 September pukul 20.00-22.00
Zikir dan Doa Bersama di Istana Kedatuan Luwu.

Tanggal 7-13 September pukul 08.00-22.00 Festival Seni Internasional, dengan Menampilkan kesenian tradisional dan modern oleh seniman lokal, nasional, dan internasiona) di Lapangan Gaspa Palopo.

Tanggal 7-13 September pukul 08.00-22.00. FKN Ekspo: Pameran Ekonomi Kreatif, Festival Kopi, dan Pameran Benda Pusaka di Halaman Gedung SCC Palopo dan di Istana Langkanae Kedatuan Luwu.

Tanggal 8 September pukul 19.00-23.00
Gala Dinner bersama tamu undangan, bertempat di Istana Kedatuan Luwu,) dilanjutkan pesta rakyat, yakni makan malam bersama masyarakat, Datu dengan para Raja/Ratu/Sultan dan permaisuri yang hadir.

Tanggal 9 September pukul 13.00-18.00
Pembukaan FKN dan Kirab Keraton.
Tarian Adat untuk penjemputan Presiden RI. Datu dan Dewan Adat Seppulo Dua beserta para Raja/Ratu/Sultan dan permaisuri dan Tamu VIP akan menempati tribun utama Tempat di Lapangan Pancasila.

Tanggal 10 September Pukul 09.00-15.00 Maccera Tasi. ( Dengan rute dari Palopo menuju Belopa, Luwu, Jamuan di Baruga Arung Senga,Maccera Tasi’ di Pantai Ulo-Ulo, di Belopa dan Kembali ke Palopo.
Pukul 09.00-22.00( Pagelaran Seni Keraton: Setiap keraton menampilkan kesenian khas di Panggung Utama Istana), di Halaman Istana Kedatuan Luwu. Pukul 20.00-22.00 Musyawarah Agung di Ruang Pola Balai Kota.

Tanggal 10-13 September pukul 10.00-12.00 dan 16.00-18.00: Dialog Kebudayaan Sesi pagi dengan tema: Kerajaan, Warisan budaya, Penguatan Kelembagaan, Pendidikan, dan Heritage.
Sesi sore dengan tema: Kearifan lokal, Pariwisata, Ekonomi kreatif, dan Teknologi Berbasis Potensi Lokal di Gedung SCC Palopo.

Tanggal 11 September pukul 09.00-15.00
Festival Kuliner/Manre Saperra ( Berangkat dari Palopo menuju Masamba, Luwu Utara, Jamuan makan di rujab Bupati Luwu Utara, Festival Kuliner Berbahan Sagu dan bahan lokal lainnya, dilanjutkan Perjalanan ke Sorowako, Luwu Timur).

Tanggal 12 September pukul 09.00-18.00
Festival Danau Matano Sorowako.

Tanggal 13 September
Pukul 08.00-12.00 (Rombongan berangkat dari Sorowako menuju Palopo). Pukul 16.00-18.00 (Penutupan di Istana Kedatuan Luwu.)

Pada acara Rakor ini turut hadir Wakil Walikota Palopo, Dr. Ir. H.Rahmat Masri Bandaso, M.si, Sekda H. Jamaluddin, Asisten I Bidang Pemerintahan, H. Burhan Nurdin, Camat, Lurah, RT/RW/LPMK se Kota Palopo dan pejabat terkait.(us/hum)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *