Pemkot Palopo Ikut Serta Peringatan Hari Aksara Internasional ke-54 di Makassar

oleh

MAKASSAR, SATU BERITA | Pemerintah Kota Palopo ikut serta dalam peringatan Hari Aksara Internasional ke 54 tingkat nasional tahun 2019, Propinsi Sulawesi Selatan menjadi tuan rumah yang dibuka langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Nurdin Abdullah di Lapangan Karebosi, Makassar, 7/9/2019.

Hari Aksara Internasional yang ditetapkan pada tanggal 8 September 2019, merupakan hari literasi internasional ditetapkan UNESCO yang di peringati oleh seluruh negara anggota PBB yg di laksanakan dalam rangka meningkatkan literasi belajar sepanjang masa.

Dalam Sambutannya, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, menyampaikan, ingin literasi budaya dari Timur, khusus Sulawesi agar lebih sering diperkenalkan ke tingkat nasional.

Literasi itu mengajarkan masyarakat untuk saling menghormati satu sama lain.

“Nilai ini diajarkan turun-temurun oleh orang tua kita bersama, salah satu nilai luhur yang lahir dari Sulsel yaitu sipakatau, sipakainge dan sipakalebbi, yang memiliki arti saling memanusiakan, saling mengingatkan dan saling menghargai, ” Kata Nurdin.

“Inilah tantangan literasi pada abad ke 21 yang lebih dari kemampuan baca, tulis dan hitung. Literasi yang berdasar budaya luhur, saling menghargai, menyebarkan kebaikan dan kritis menerima setiap informasi yang kita terima, ” Ujarnya.

Dalam peringatan hari aksara internasional ke 54 ini juga ada beberapa kegiatan, yakni Pameran hasil karya LKP, PKBM yang dikembangkan, sehingga dapat diharapkan dapat meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir Bunda Baca Kota Palopo, dr. Hj. Usia Sari Judas, M.Kes., Plt. Kepala Dinas Pendidikan Palopo. (us/hum)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *