Pemkot Palopo Ikuti Rakor Persiapan Pemilu 2024 dan Pilkada Serentak

oleh

PALOPO, SABER | Sekertaris Daerah Drs. Firmanza DP. SH.,M.Si didampingi Asisten III Kota Palopo, Mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Pemerintah Daerah dalam mendukung sukses pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 Melalui Zoom Meeting.

Yang dilaksanakan di Ruang Rapat Sekertaris Daerah Kota Palopo, Senin (22/3/2021).

Pada kesempatan itu Sekertaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno, mengatakan kesiapan komisi pemilihan umum (KPU) dan dukungan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 tentang persiapan pemilu, tentang dukungan pemerintah dan tentang tantangan atau potensi masalah.

Lanjutnya, Adapun persiapan KPU di antaranya simulasi tahapan, pemutakhiran data pemilih, SDM, sarana dan prasarana serta anggaran dan teknologi informasi.

Simulasi tahapan pemilihan umum presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, dan DPRD diusulkan dilaksanakan pada Februari atau Maret 2024 dengan pertimbangan, Partai perlu waktu yang cukup untuk menyiapkan syarat pencalonan untuk pemilihan November 2024.

Proses administrasi anggaran apabila di laksanakan pada awal tahun (Januari) biasanya terdapat kendala, kondisi cuaca apabila dilaksanakan pada Januari merupakan puncak musim hujan, dan perlu memperhatikan hari-hari libur keagamaan dan nasional.

Kemudian, Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota sesuai UU no.10 tahun 2016 dilaksanakan pada November 2024.

Turut hadir, Kepala Bappeda Hj. Raodatul Jannah.S.Sos dan perwakilan Kesbangpol Kota Palopo.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *