Pentas Seni Meriahkan HJL dan HPRL

SABER, PALOPO  |  Pasar Rakyat dalam rangka memperingati Hari Jadi Luwu ke 755 dan Perlawanan Rakyat Luwu ke 77 Kota Palopo tahun 2023 di lapangan Pancasila memasuki hari Ke-5.

Setelah sebelumnya Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Farid Kasim Judas membuka lomba permainan tradisional Tingkat SD/MI dan SMP/MTs Se- Kota Palopo sebagai salah satu rangkaian kegiatan.

Bacaan Lainnya

Kegiatan malam Ke 5 ini disuguhkan lanjutan hiburan berupa malam pentas seni dan budaya menampilkan suguhan Musik penampilan Band Ury yang khusus menyempatkan diri untuk ikut memeriahkan kegiatan dalam tournya di Kota Palopo.

Sanggar seni yang berasal dari Luwu Utara menampilkan tarian kreasi budaya lokal Kabupaten Luwu dengan menggunakan tempurung kelapa (banga’) sebagai properti utamanya, tarian ini menceritakan keceriaan dan kebahagiaan anak kampung yang kesehariannya belajar.

Secara tidak langsung dari pohon kelapa yang secara utuh bermanfaat dari daun sampai akarnya, hal ini melambangkan bahwa manusia hidup harus saling memberi manfaat, harus terus beradaptasi atas segala dinamika serta perubahan sosial di masyarakat.

Berani mengambil tantangan, dan tidak mudah goyah ketika ada guncangan yang dihadapi.

Tari kreasi yang menggunakan properti tempurung kelapa dengan bunyi khas nyaring ini mempunyai makna bahwa sebagai manusia kita jangan sampai menjadi orang yang pemberontak dan berbuat buruk, namun wajib saling menghormati dan berbuat baik ke sesama.

Dibawakan dengan gerakan yang menghentak namun dinamis, serta lincah dan penuh penghayatan oleh para penari elokan menawan hati, penuh kelembutan namun tetap tegas dalam bergerak inilah tari Kreasi Tu tuk Bangollin.

Dilanjutkan dengan penampilan sanggar seni SDN 53 Sawerigading, Sanggar seni Tomalolo Walenrang, sanggar seni SMP Neg.4 Palopo, SMA Neg.1 Palopo Smansa Kreatif Studio feat Sipakalabbi Art.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.