Peringatan Hari Kartini Ke 140, Ini Kata Walikota Palopo ~ Satu Berita

oleh

PALOPO, SATU BERITA | Pemerintah Kota Palopo bersama Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Palopo menggelar peringatan Hari Kartini yang Ke-140 Tahun 2019 yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Walikota Palopo, Selasa 30 April 2019.

Laporan Ketua Panitia, Hj.Nurlinda Sabani melaporkan bahwa acara ini seyogianya akan dilaksanakan tepat pada tanggal 21 April 2019. Namun tanggal tersebut bertepatan dengan hari libur, kemudian ada agenda politik yaitu pemilihan presiden, pemilihan legislatif, serta pemilihan DPD hingga disepakati dalam rapat panitia tanggal 30 April 2019.

Berdasarkan SK Kepanitiaan dari Bapak Walikota Palopo tindaklanjuti dengan berbagai kegiatan yang sangat sederhana namun penuh makna diantaranya, pada tanggal 21 April 2019, mengadakan senam bersama masyarakat Kota Palopo di area carfreeday Ahmad Yani, dengan mengadakan berbagai permainan lomba yang ceria seperti lomba joget balon, lomba multitasking, dan puisi Kartini.

Pada hari Kamis 25 April 2019 berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kota Palopo dilanjutkan anjangsana ke Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Palopo, dengan berbagi bersama anak-anak disabilitas berupa sembako. Kemudian dilanjutkan dengan donor darah di Palang Merah Indonesia Kota Palopo dengan jumlah orang yang ikut berkontribusi sebanyak 15 orang.

Peringatan Hari Kartini kali ini mengangkat tema Kartini masa kini menuju perempuan Indonesia Hebat, hal ini kami implementasikan pada pemberian penghargaan pada perempuan inspiratif dari Bapak Walikota Palopo dengan memiliki multi peran dalam kehidupan sehari-hari yang mana ada 2 Ibu sempat terpotret dalam lingkup gabungan organisasi wanita yaitu atas nama Hj.Suhati D. SPd., MM dari organisasi wanita PGRI dan atas nama Ibu Rahma, S.Pd dari organisasi Persit Kartika Chandra Kirana.

Sambutan Ketua GOW, Hj. Utiasari Judas menyampaikan menyampaikan Selamat Hari Kartini kepada seluruh perempuan-perempuan hebat Indonesia, khususnya perempuan Kota Palopo. Semoga jiwa dan semangat emansipasi Raden Ajeng Kartini senantiasa terpatri pada jiwa dan semangat kita para perempuan Indonesia.

“Belajar dari sebuah sejarah perjuangan Kartini tersebut, peringatan Hari Kartini merupakan momentum dalam rangka meningkatkan semangat untuk memperjuangkan kesetaraan gender dan kemajuan perempuan secara umum”.

Ditambahkannya, Peringatan Hari Kartini juga harus menjadi cambuk pengingat bagi seluruh bangsa Indonesia agar terus memperjuangkan ketidaksetaraan atau ketimpangan antara laki-laki dan perempuan.

Sebagai bangsa Indonesia, khususnya kaum Ibu, peringatan Hari Kartini merupakan momentum kebangkitan jiwa kaum perempuan Indonesia. peringatan Hari Kartini yang senantiasa diperingati setiap tahun hendaknya dijadikan sebagai semangat untuk terus bangkit dari ketinggalan menuju perempuan Indonesia yang hebat bangsa akan maju tergantung pada kualitas perempuannya.

Sementara Walikota Palopo, Drs. HM. Judas Amir mengungkapkan dalam rangka Hari Kartini di peringati dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya ada pesan yang sangat baik didalamnya.

“Yaitu peringatan hari Kartini akan bermakna bagi seluruh masyarakat Indonesia dengan memaknai pula isi di dalam Lagu Indonesia Raya untuk selalu bersatu”.

Kedepannya, Judas berharap agar seluruh perempuan berupaya meningkatkan lagi ketrampilan, semangat untuk berbuat yang terbaik di kota Palopo tercinta.

Dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada perempuan inspiratif oleh Walikota kepada Hj.Suhati D. SPd., MM dari Organisasi Wanita PGRI dan atas nama Ibu Rahma, S.Pd dari organisasi Persib Kartika Chandra Kirana.

Diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Walikota Palopo, bersama GOW. Dimana seluruh rangkaian acara dihadiri pula Ketua DPRD Kota Palopo, Harisal A Latief, Unsur Forkopimda beserta jajarannya, para Ketua Organisasi se-Kota Palopo, Para Camat dan Lurah.(*)

 

Scource: Humas Pemkot Palopo

Editor: Redaksi

Reporter: Andri, Rere

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *