Peringatan HUT HGK PKK KE-48, 681 Kelompok Dasawisma Di Luwu Terima Penghargaan

oleh

LUWU, SABER | Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Luwu menggelar acara puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke – 48 di Gedung Simpurusiang Kelurahan Senga Kecamatan Belopa, pada Selasa (24/11/2020).

Pada peringatan HKG PKK Ke – 48 tingkat kabupaten Luwu juga dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan kepada 681 pemenang lomba Dasawisma tingkat desa se Kabupaten Luwu.

Ketua TP PKK Kabupaten Luwu, Hj Hayarna Basmin dalam sambutannya mengungkapkan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh TP-PKK Kabupaten Luwu.

“Memperingati HKG PKK Ke-48, TP-PKK Kabupaten Luwu melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan, diantaranya adalah melakukan monitoring 10 program pokok PKK di 22 Kecamatan, Menyelenggarakan Lomba Menu Sehat berbahan dasar daun kelor dan Lomba Dasawisma tingkat desa se Kabupaten Luwu.

Para pemenang lomba dasawisma berasal dari 3 terbaik tiap Desa/Kelurahan, dimana terdapat 227 Desa/Kelurahan se Kabupaten Luwu sehingga jumlah kelompok dasawisma yang berhak mendapatkan penghargaan pada hari ini sebanyak 681 kelompok ”, Jelas Hj Hayarna Basmin.

Menurutnya, kegiatan lomba yang dilaksanakan sebagai bagian dari bentuk pembinaan TP PKK Kabupaten Luwu terhadap pengurus yang berada pada tingkat kecamatan dan Desa.

“Penyelenggaraan Lomba Menu sehat dan Lomba Dasawisma adalah bagian dari bentuk pembinaan kepada pengurus PKK. Lomba Menu Sehat dengan berbahan dasar daun kelor dimaksudkan agar pengurus dan masyarakat bisa memahami dan mampu mengolah berbagai menu makanan yang berbahan dasar dari tanaman.

Sedangkan Lomba Dasawisma bertujuan untuk membina masyarakat dalam sebuah kelompok dasawisma untuk melakukan aktifitas bermanfaat bagi keluarga, seperti memanfaatkan lahan pekarangan untuk bercocok tanam hingga membuat kerajinan tangan”, jelas Hj Hayarna Basmin.

Senada dengan Hj Hayarna Basmin, Kepala Kejaksaan Negeri Luwu, Erni Veronika Maramba mengatakan bahwa upaya pembinaan yang dilakukan oleh TP-PKK Kabupaten Luwu adalah salah satu upaya dalam membantu Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Dengan mengelola lahan pekarangan, kelompok dasawisma bisa menanam tanaman yang bermanfaat seperti sayuran dan tanaman obat keluarga. Hasilnya bisa dikonsumsi sendiri, dan juga dapat dijual untuk menambah penghasilan keluarga. Bahkan jika dilakukan secara serentak, bukan hal yang mustahil jika suatu saat Kabupaten Luwu bisa sebagai penghasil sayuran dan tidak perlu lagi membeli sayuran dari daerah lain. Kegiatan semacam ini adalah bentuk pembinaan terhadap masyarakat dan telah membantu pemerintah dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional di masa Pandemik Covid-19”, kata Erni Veronika Maramba.

Selain menerima penghargaan, para kelompok dasawisma juga menerima bantuan bibit sayuran yang di wakili oleh Ketua TP PKK Kecamatan masing-masing.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *