Puncak Hari Bakti Imigrasi Ke-74 Di Lapas Palopo, Di Hadiri Pj Gubernur Sulsel

SABER, PALOPO | Penjabat Gubernur Sulsel Selatan, Baktiar Baharuddin memimpin upacara peringatan Hari Bakti Imigrasi ke-74.

Kegiatan itu dilaksanakan di Lembaga Permasyarakatan Kelas II-A Palopo, Jumat 26 Januari 2024.

Bacaan Lainnya

Dalam peringatan hari Bakti Imigrasi ke-74 dengan mengangkat tema “Transportasi Peran Imigrasi Melalui Strategi Digitalisasi”.

Baktiar Baharuddin menyampaikan sambutan Kementrian Hukum dan HAM, tepat pada hari ini tanggal 26 Januari tahun 2024 direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi merayakan hari jadi yang ke 74 tahun hari ini merupakan momentum Istimewa.

“Karena kita merayakan pencapaian dedikasi dan komitmen yang telah membentuk perjalanan panjang direktorat jenderal imigrasi dalam mengawal dan mengisi pembangunan Indonesia,” katanya.

Dalam peringatan hari bakti imigrasi yang penuh makna ini tema yang diusung adalah transformasi peran imigrasian melalui strategi digitalisasi.

“Mari kita refleksikan peran penting yang diemban oleh direktorat jenderal administrasi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi komunikasi selama 74 tahun. Migrasi telah mengalami berbagai tantangan dan pencapaian gemilang,” ajaknya.

Tantangan di masa mendatang akan semakin kompleks, namun dengan tekat dan semangat kebersamaan serta sumber daya manusia berkualitas dapat mengatasi setiap hambatan.

“Saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya atas berbagai capaian dan prestasi yang telah diraih, sehingga menjadikan direktorat jenderal imigrasi menjadi lebih baik prestasi cemerlang dalam peningkatan layanan pada masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, pengembangan teknologi terkini serta percepatan dan penyederhanaan dalam proses imigrasian adalah bukti konkrit atau akan keunggulan kinerja yang telah dicapai.

“Pada tahun 2023 Penerimaan Negara Bukan Pajak atau PNBP direktorat jenderal imigrasi mencapai 320%, dengan realisasi hingga 31 Desember 2023 adalah 7,6 triliun,” lanjutnya.

Momentum positif ini untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat serta senantiasa menjaga integritas sebagai garda terdepan dalam menjaga pintu gerbang NKRI.

“Imigrasi memiliki peran penting dalam mendukung agenda pembangunan nasional Indonesia dalam memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan,” ujarnya.

Usai dilaksanakan upacara peringatan Hari Bakti Imigrasi kemudian dilakukan penandatanganan perjanjian kinerja dan komitmen bersama pembangunan ZI Tahun 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pj Gubernur Sulsel Selatan, Baktiar Baharuddin, Pj Wali Kota Palopo Asrul Sani, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Kapolres Palopo, Dandim 1403 Palopo, Kalapas Palopo Erwan Prasetyo, Ketua DPRD Palopo, Jajaran kemenkumham Sulawesi Selatan, serta tamu undangan lainnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.