Sekda Palopo Ikuti Rakosnas TPAKD 2020 Secara Virtual

PALOPO, SABER | Sekda Palopo, Drs. Firmanza DP, SH.M.Si mengikuti secara virtual Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) tahun 2020 di Ruang Kepala Bappeda kota Palopo, Kamis, 10 Desember 2020.

Dalam Rakornas TPAKD tahun 2020 dihadiri Kepala BPKAD Palopo, H. Samil Ilyas bersama Kabag Ekonomi Sekda Palopo, Fauziah.

Bacaan Lainnya

Rakornas dalam rangka penguatan implementasi program kerja TPAKD secara berkelanjutan serta peningkatan sinergi dari Kementrian/Lembaga dan Pimpinan Daerah dalam mendorong akses keuangan didaerah.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Keuangan RI, Wimboh Santoso menyampaikan dalam sambutannya bahwa dampak pandemi Covid-19 tidak terelekkan lagi, karena telah memukul perekonomian seluruh lapisan masyarakat termasuk di kalangan pelaku usaha, informal dan UMKM.

“Disinilah ketersediaan akses yang seluas-luasnya sangat berperan penting di masa pandemi terhadap masyarakat untuk diberi kemudahan mendapatkan pembiayaan mapun akses penyimpanan anak-anak pelajar”.

Untuk itu, pergerakan percepatan akses keuangan di daerah menjadi perhatian dan sekaligus menjadi prioritas kita semua.

Ditambahkan OJK menaruh perhatian besar kepada upaya pendekatan akses dan literasi keuangan masyarakat di pelosok negeri ini dan berbagai inisiatif telah diluncurkan dan terus dikembangkan bekerjasama dengan pemangku kepentingan.

Sementara itu, dalam arahan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo mengatakan ada 32 TPAKD ditingkat provinsi dan 165 TPAKD tingkat Kabupaten/Kota. Ini perlu terus ditingkatkan agar dapat menjangkau semua provinsi dan Kabupaten/Kota dan mempercepat perluasan akses keuangan dan pembiayaan daerah.

Lanjut Presiden, peningkatan akses keuangan ini penting untuk mendorong pembangunan dan ekonomi di daerah, mendorong keadaan sosial, mendorong peningkatan kesejahteraan dan kesetaraan hidup rakyat banyak melalui inlusi keuangan.

“Untuk itu saya mengajak untuk melakukan cara-cara ekstraordinari dalam melakukan beberapa hal”.

Beberapa hal tersebut yang dimaksud Presiden, diantaranya lebih agresif dalam meningkatkan literasi keuangan, meningkatkan pengetahuan, meningkatkan minat, meningkatkan kepercayaan industri keuangan.

Selain dilakukan peluncuran Roadmap TPAKD pada kegiatan Rakornas, juga pengumuman serta penyerahan penghargaan TPAKD Award 2020.

Dimana salah satunya penerima penghargaan TPAKD Award tingkat Provinsi yang didapatkan TPAKD Provinsi Sulawesi Selatan dengan kategori Provinsi dengan implementasi pembiayaan melalui pola kemitraan terbaik.(hms)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.