Sekda Palopo Launching Aplikasi SIDUPPA, Ini Manfaatnya

SABER, PALOPO  |  Sekretaries Daerah (Sekda) Kota Palopo Firmanza DP me-launching aplikasi SIDUPPA atau Aplikasi Pengelola Satu Data “Kolaborasi Data & Informasi Urusan Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan.

Acara ini berlangsung di Gedung Ratona Kantor Wali Kota Palopo, Selasa 27 September 2022.

Bacaan Lainnya

Aplikasi SIDUPPA merupakan karya Kepala Bappeda Palopo Raodhatul Jannah, melalui proyek perubahan Latpim II.

Aplikasi ini dibuat dalam rangka untuk mendorong peningkatan kinerja dibidang perencanaan pembangunan daerah, khususnya guna mendukung kemudahan dalam pemanfaatan aplikasi SIPD & aplikasi KRISNA-DAK.

Adapun manfaatnya untuk memudahkan bagi perangkat daerah, dalam penyediaan data dan informasi statistik sektoral pada urusan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

Serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap kapabilitas Pemerintah Kota Palopo.

“Siduppa dalam bahasa kita artinya mempertemukan data, dengan adanya aturan dari Presiden RI, tentang satu data di Indonesia, tentang laporan dan evaluasi pemerintahan daerah, dan tersingkronisasi dengan semua runutan aturan pada pemerintah daerah,” kata Raodatul Jannah dalam acara launching.

Ini sejalan dengan visi misi Pemerintah Kota Palopo, yaitu modernisasi inovasi pelayanan publik, lebih efektif dan efisien.

“Oleh karena itu menjadi sangat penting pengelolaan data, dengan tiga konsep, yakni ketersediaan data, keteraksesan, dan updating data,” jelasnya.

Sementara Sekda Firmanza, menyampaikan bahwa ketersediaan data yang diperoleh dari perangkat daerah terkait.

Dalam pelaksanaannya, data tidak hanya tersedia di BPS, melainkan juga data sektoral yang bersumber dari perangkat daerah.

“Sejalan dengan misi ke tiga Pemkot Palopo, maka hadir inovasi dengan adanya Aplikasi SIDUPPA, dibuat dalam rangka untuk mendorong peningkatan kinerja di bidang perencanaan pembangunan daerah,” kata dia.

Stresingnya data itu sangat penting. Karena menyangkut dengan kehidupan masyarakat. Salah data bisa salah dalam perencanaan. Untuk itulah, perlu untuk benar-benar teliti dalam menginput data.

Firmanza menyebutkan inovasi yang diluncurkan adalah hasil kompetensi yang dibangun pada Diklatpim Tingkat II, dibawah bimbingan Pusat Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Aparatur Nasional dan Manajerial ASN, LAN.

Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan dari BPS Kota Palopo, dan Kepala OPD Lingkup Pemkot Palopo, dan tamu undangan lainnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.