Selain Usir Stres, Ini 7 Manfaat Liburan Untuk Kesehatan

ist (google)

SABER  |  Rasa lelah dan stres membuat kamu membutuhkan liburan untuk mengurangi stres.

Tapi liburan juga memberikan manfaat untuk kesehatan secara umum.

Bacaan Lainnya

Berkutat dengan aktivitas yang sama setiap harinya dapat menimbulkan kejenuhan. Sejumlah aktivitas rutin seperti pekerjaan bisa menimbulkan stres dan kelelahan.

Jika tidak diatasi, maka bisa berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh. Itulah sebabnya, kamu perlu meluangkan waktu di sela kesibukan untuk berlibur.

Sebenarnya, dampak positif dari liburan tidak sebatas itu saja.

Ada banyak hal positif lainnya yang bisa dapatkan dari liburan, Apa saja:

1. Mengurangi stres
Sebagian besar orang yang menjalani liburan akan langsung merasakan manfaat ini. Ya, berhenti sejenak dari rutinitas dan pergi ke tempat yang disukai bisa memberikan otak kamu kelegaan dari stres.

Stres merupakan reaksi tubuh terhadap ancaman, tekanan, dan perubahan yang pastinya akan kamu hadapi setiap hari. Kamu membutuhkannya agar bisa memutuskan tindakan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Namun, kadar stres yang dibutuhkan juga tidak banyak.

2. Meredakan rasa cemas
Di samping mengurangi stres, liburan dan rekreasi juga memberi manfaat bagi kesehatan mental dengan mengurangi kecemasan.

Sama seperti halnya stres, kecemasan juga membuat kamu berpikir dua kali dalam mengambil suatu keputusan.

Namun, kecemasan juga tidak boleh berlebihan karena bisa membuat hidup seseorang jadi tidak tenang.

3. Meningkatkan produktivitas
Mungkin pergi ke pantai menikmati pemandangan dan berjemur di bawah sinar matahari pagi, naik ke gunung untuk merelaksasikan diri, atau mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang bisa menambah pengetahuan.

Kesemua aktivitas tersebut membuat otak melupakan sejenak pekerjaan maupun tugas-tugas lain yang melelahkan.

4. Menimbulkan rasa kepuasaan dalam hidup
Untuk memenuhi berbagai kebutuhan, memang kamu dituntut untuk melakukan pekerjaan. Akan tetapi, bukan berarti kamu harus terus-terus berkutat dengan pekerjaan tanpa kenal lelah.

Meluangkan waktu untuk berlibur juga perlu lakukan. Liburan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dengan kebahagiaan.

5. Meningkatkan aktivitas fisik dan kesehatan tulang
Selain olahraga, meningkatkan aktivitas fisik juga bisa dilakukan dengan berlibur. Selama liburan, kamu perlu berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Hal ini memungkinkan kamu untuk berjalan lebih banyak dari biasanya.

6. Menurunkan risiko penyakit jantung
Perlu ketahui bahwa stres berpengaruh pada kesehatan jantung. Berdasarkan situs American Heart Association, stres dapat meningkatkan tekanan darah dan denyut nadi, yang bisa menyebabkan aritmia atau memperburuk kondisi tersebut, dan membuatnya lebih sulit untuk dikelola.

Dengan mengurangi stres, kecemasan, dan meningkatkan aktivitas fisik, risiko penyakit jantung dapat menurun. Ditambah dengan pola makan sehat yang tetap kamu terapkan selama berlibur, kesehatan jantung akan terkendali.

7. Meningkatkan kualitas hubungan
Kesibukan bisa membuat kamu dengan pasangan, teman, atau keluarga menjadi berjarak.

Padahal menghabiskan waktu lebih banyak dengan mereka, bisa mempererat hubungan satu sama lain. Nah, kamu bisa memanfaatkan liburan untuk meningkatkan komunikasi dengan mereka.(hellosehat)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.