Sungguh Mulia, Bhabinkamtibmas Polsek Sopai Bantu Warga Miskin

TORUT, SATU BERITA | Pada awal bulan Juli 2019 sejak munculnya berita di media yang menyebutkan salah satu warga Lembang Salu, Kecamatan Sopai, Kabupaten Toraja Utara, bernama Nenek Tando yang tinggal di rumah beratap nipah, berdinding bambu, serta beralaskan tanah tanpa dialiri listrik dan tidak mendapat bantuan jatah beras rastra dari pemerintah.

Tergerak dengan kondisi yang memprihatinkan dari salah seorang warganya yang bernama Nenek Tando yang tergolong dalam kategori miskin, Bhabinkamtibmas Polsek Sopai Polres Tana Toraja Brigadir SyahNur Haq bersama Bripka Widi, menggagas ide menggandeng Balai Penyuluhan Pertanian Kec. Sopai yang di kepalai oleh Biruanda untuk bersama sama berikan bantuan sosial kemanusiaan kepada Nenek Tando.

Bacaan Lainnya

Gayung bersambut, Balai Penyuluhan Pertanian Kec. Sopai menyambut gagasan ini dan menyiapkan sejumlah bibit tanaman unggul untuk di berikan kepada Nenek Tando.

Sehari setelah berita tersebut muncul di media Bhabinkamtibmas Polsek Sopai Polres Tana Toraja Brigpol Syah Nurhaq mencoba berkoordinasi dengan Balai Penyuluhan pertanian kec. Sopai Kab. Toraja Utara untuk bersama-sama membantu nenek Tando dengan mengelola lahan pekarangan rumah nenek Tando menjadi kebun yang dapat membantu ekonomi nenek tando.

Kepala balai penyuluhan pertanian kecamatan Sopai Biruanda bersama Antonius Kala’ Tanan yang merupakan penyuluh pertanian lembang salu kec. sopai merespon dengan baik dan tanpa menunggu waktu langsung mengecek kondisi tanah pekarangan rumah nenek Tando.

Dengan alat sederhana traktor kecil milik Balai penyuluh pertanian, bapak Antonius Kala’Tanan menggemburkan tanah pekarangan rumah nenek Tando yang merupakan tanah yang sangat miring.

Kemudian Balai Penyuluh Pertanian Kec. Sopai Biruanda bersama Hendrik Tumangke memberi pengetahuan/pembelajaran terhadap nenek Tando tentang cara bercock tanam dan cara perawatan tanaman agar membuahkan hasil yang maksimal.

Setelah berjalan 2 (dua) bulan, pada hari ini Jumat (29/08/2019) mulailah terlihat hasilnya, walupun buah yang dihasilkan belum maksimal dari tanaman yang ditaman diantaranya tomat, terong, kacang panjang dan Lombok katokkon (cabai khas Toraja) namun sudah dapat membantu keseharian nenek tando di dapurnya.

Disela sela kegiatan ini Bhabinkamtibmas Brigpol Syah nurhaq mengajak tetanga-tetangga nenek Tando untuk ikut berpartisipasi membantu nenek tando dalam bentuk apapun seperti yang dilakukan salah sorang ibu-ibu tetangga nenek tando yang membeli sayuran (tomat) hasil kebun pekarangan rumah nenek Tando.

Aksi peduli warga melalui kemitraan polisi dengan Balai Penyuluhan Pertanian kec. Sopai Kab Toraja Utara ini patut dicontoh, dengan harapan kepedulian bersama dapat meringankan beban warga yang masih di bawah garis kemiskinan.

” Banyak jalan menuju Roma, cara bantu warga pun punya banyak cara, jika tidak mampu bantu dengan rupiah , maka bantulah dengan tenaga “. Kata SyahNur Haq yang di amini oleh Bripka Widi dan bok. Biruanda.

Beginilah cara Bhabinkamtibmas Polsek Sopai dan Balai Penyuluhan Pertanian Kec. Sopai membantu warganya, semoga bermanfaat bagi Nenek Tando dan menjadi contoh teladan bagi yang orang lain.(erwin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.