Tim FKS Kab. Bone Kagum Perkembangan Kota Palopo

oleh

PALOPO, SATU BERITA ~ Setelah menghadiri penyambutan diruang Pola Kantor Walikota Palopo, Rombongan Forum Kota sehat Kabupaten Bone melakukan kunjungan di beberapa tempat sekairan dengan kedatangan mereka di Kota Palopo. Kamis 18 July 2019.

Diawali dengan kunjungan ke kantor ato sekretariat FKS Kota Palopo yang berada dalam kawasan Saokotae, Rumah Jabatan (Rujab) Walikota palopo.

Usai melihat langusung Sekretariat FKS Kota Palopo, rombongan melanjutkan kunjungan ke tiga titik yakni Unit Pelaksana Tehknis Daerah ( UPTD) Perbibitan Ternak dan UPTD TPA Kelurahan Mancani serta Bank Sampah Unit Mapaccing di Kelurahan To Bulung.

Pada kunjungan mereka di tiga titik tersebut rombongan FKS Bone sangat kagum akan apa yang mereka lihat. Khususnya di UPTD Perbibitan ternak dan TPA Mancani.

Kekagamuman mereka karena apa yang menjadi program pemerintah kota palopo serta beberapa penghargaan yang selama ini diperoleh oleh Kota Palopo memang ditunjang dengan pelaksanaan program yang menurutnya sangat luar biasa.

Hal ini disampaikan Sekretaris FKS Kabupaten Bone Dr Asia A. Paranrangi, SP, SH, MH, Disela sela kunjungannya. Menurutnya, kalau melihat perkembangan program dan pelaksanaannya memang palopo patut mendapatkan beberapa prestasi.

“Apa yang kami lihat pada kunjungan di Kota Palopo akan kami paparkan sekembalimya nanti ke Bone, agar dapat menjadi refrensi bagi Pemda Bone,” Ungkap Dr. Asia.

Ia juga menyampaikan kalau beberapa hari di kota palopo banyak hal yang tim FKS Bone dapatkan termasuk melihat langsung pelaksanaan program Walikota palopo yang betul betul untuk kesejahteraan masyarakat

Sementara itu, kasubag Tata Usaha Rustadi, SP. Yang menerima langsung rombongan kabupaten Bone menyampaikan beberapa hal termasuj UPTD perbibitan ternak mancani yang mulai berdiri di 2014.

Lanjutnya, berawal dari program 1000 kandang Walikota Palopo HM Judas Amir sehingga satelit ayam yang ke dua di indonesia setelah Sumbawa didirikan di Kota Palopo. Dimana hal tersebut untuk mengakomodir para penerima manfaat dari program 1000 kandang.

” Jadi Program utama kami mulai dari pembibitan, memproduksi hingga penetasan hingga besaran tertentu, dan itulah yang kami suplai ke masyarakat penerima manfaat secara hibah,” Jelas Rustadi.

Rustdi juga menyampaikan kalau beberapa hasil produksi UPTD Mancani sudah terseba ke beberapa wilayah baik di luwu raya hingga daerah daerah lainnya hingga Kota Makassar.

Diketahui saat ini jenis bibit ayam yang dikembangkan UPTD Mancabi yakni ayam arab silver dan ayam arab golden, ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB) ayam kapas, dan ayam merawang.

Sementara itu saat berada di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah dan UPTD Instalasi Pengolahan lumpur tinja (IPLT) Rumah Kompos Mancani. Rombongan di sambut langsung kepala UPTD IPLT, Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo.

Menurut Bahmid, saat ini untuk wilayah kota Palopo, pengelolaan jumlah sampah dalam perharinya mencapai 80 ton, dimana untuk cakupan semua wilayah kota palopo mencapi 86 persen dengan menggunakan 16 armada roda empat dan 18 motor sampah.

“Saat ini untuk pennganan sampah mengunakn 445 satgas yang terbgi sesuai tupoksi mereka, dan untuk TPA ada 45 Petugas. Untuk satu armada kami tempatkan 4 petugas. 1 pengawas 1 driver dan 2 karyawan pengangkut.” Jelas Bahmid.

Ditambahkan Bahmid, terkait lahan yang saat ini dikelolah TPA mencapai 11 Hektar, yang sudah di fungsikan sejak tahun 1996.

Meskipun pengelolaannya secara profesional dengan membentuk TPA dan UPTD IPLT baru di tahun 2002.

Kunjungan rombongan FKS Kabupten Bone di hari pertama di Kota Palopo diakhiri di Lokasi Bank sampah Unit Mapaccing di Kelurahan To Bulung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *