Usai Fit And Proper Test, Komisi I DPR Setujui Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

oleh

JAKARTA, SABER | Komisi I DPR RI menyetujui Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI yang diusulkan oleh Presiden Jokowi.

Hal itu disampaikan usai fit and proper test, fit and proper test calon Panglima TNI di DPR dan rapat tertutup. Sabtu 6/11/2021.

“Menyetujui pengangkatan calon Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI,” kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid dalam rapat.

Dengan persetujuan itu, Meutya menjelaskan DPR telah menyetujui pemberhentian Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang juga akan pensiun hingga akhir November.

Politisi Partai Golkar itu mengatakan pihaknya meminta Andika melengkapi berkas untuk ditandatangani. Selanjutnya, persetujuan Andika sebagai calon Panglima akan dibawa ke rapat paripurna DPR RI, pada Senin 11/8/2021.

“Dari pimpinan yang mewakili seluruh anggota Komisi I untuk dibawa ke rapat paripurna terdekat, insyaallah nanti panglima akan diikutsertakan dalam rapat paripurna tersebut,” kata Meutya.

Pada kesempatan itu, Andika yang diberi kesempatan itu tak banyak berkomentar soal persetujuannya sebagai Panglima TNI. Usai pertemuan, mata Andika berkaca-kaca dan tak bisa menahan senyum.

“Saya ucapkan terima kasih. Terima kasih,” kata Andika singkat.

Berdasarkan UU TNI, pencalonan Panglima TNI diawali dengan penyerahan nama dari Presiden kepada DPR. DPR kemudian akan memprosesnya melalui fit and proper test di Komisi I DPR.

DPR kemudian akan mengukuhkan persetujuan nama Andika dalam Rapat Paripurna, untuk kemudian diangkat oleh Presiden.

Sebelumnya, nama Andika Perkasa diusulkan Jokowi sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun bulan ini.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.