Diskominfo-SP Tana Toraja Gelar Bimtek SP4N dan PPID Lingkup Pemkab

SABER, TATOR  |  Guna melakukan penguatan terhadap kelembagaan Sistem Pengelolahan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) dan Pejabat Pengelolah Informasi dan Dokumentasi (PPID). Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo-SP) Kabupaten Tana Toraja menggelar bimbingan teknis (Bimtek) aplikasi bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah Tana Toraja.

Kegiatan tersebut untuk Pelayanan Publik dan Keterbukaan Publik pada Lingkup Pemerintahan Kabupaten Tana Toraja, bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tana Toraja. Senin (15/08/2022).

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Tana Toraja Sadrak Tombeg didampingi Kadis Kominfo-SP Tana Toraja Berthi Mangontan dan dihadiri ratusan peserta perwakilan dari berbagai OPD yang ada di Tana Toraja.

Kepala Diskominfo-SP Tana Toraja, Berthi Mangontan memaparkan beberapa tujuan diadakannya kegiatan.  Salah satunya yakni untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pegawai dalam pengelolahan informasi dan dokumentasi untuk kepentingan keterbukaan informasi  publik.

Menurutnya, Kabupaten Tana Toraja ini harus terus eksis dalam memberikan keterbukaan informasi publik. Bahkan pada kesempatan ini, pihaknya mengajak kepada OPD untuk bersama-sama untuk melakukan itu.”jelasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Tana Toraja, Sadrak Tombeg mengatakan ASN dan seluruh pejabat daerah agar tidak gagap teknologi (gaptek).

Menurutnya, dokumentasi dan publikasi kegiatan  sangat penting sebagai bentuk keterbukaan publik pemerintah.

“Mulai sekarang tidak ada ASN atau pejabat daerah yang tidak bisa internet. Kalo memang tidak bisa, bisa berpikir dulu.” ujar Sadrak Tombeg.

Jadi tidak ada alasan lagi, OPD dibidangnya masing-masing untuk merespon itu. Mudah-mudahan kedepan, pelayanan publik di Kabupaten Tana Toraja ini akan semakin baik lagi.” tandasnya.

“Lanjut Sadrak katakan jangan sampai kita masuk kategori pejabat yang bekerja, tapi dokumentasi dan komunikasinya tidak ada. Jadi orang akan mempertanyakan. Terus bila ada dokumentasi, tetapi tidak dimasukkan juga dalam sistem, tetap juga hasilnya nol.” cetusnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.