Dilantik Hari Ini, Theo-Zadrak Resmi Nahkodai Kabupaten Tana Toraja

oleh

MAKASSAR, SABER | Meskipun sempat tertunda, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja terpilih akhirnya digelar hari ini, Jumat 26/02/2021.

Dimana pasangan Theofilus Allorerung, kini kembali menjabat sebagai Bupati Tana Toraja dan diwakili dr. Zadrak Tombeg sebagai Wakil Bupati Tana Toraja.

Pada pelantikan kepala daerah kali setidaknya di ikuti 11 daerah yang kepala daerahnya dilantik hari ini adalah Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Kabupaten Barru, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Selayar dan Kota Makassar.

Pada acara pelantikan, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengungkapkan, Awalnya, Kemendagri hanya mengizinkan pelantikan 11 kepala daerah itu digelar secara virtual, namun dirinya mengajukan permohonan agar pelantikan dapat dilakukan secara langsung dengan alasan untuk menjaga kesakralan pelantikan yang bisa saja terusik akibat adanya gangguan jaringan internet di beberapa daerah yang kepala daerahnya akan dilantik.

Tentunya pelaksanaan pelantikan tetap dengan protokol kesehatan yang ketat. Permohonan Gubernur Sulsel kemudian disetujui oleh Kemendagri.

Pembacaan surat keputusan Menteri Dalam Negeri dibacakan oleh Plt Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Sulsel. Mereka yang dilantik berdasarkan SK Mendagri Nomor 131.73-356 Tahun 2021 masing-masing Adnan Purichta Ichsan – Abdul Rauf Mallagani (Gowa), Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Makassar), Chaidir Syam-Suhartina Bohari (Maros), Muhammad Yusran Lalogau-Syahban Sammana (Pangkep), Suardi Saleh-Aska Mappe (Barru).

Kemudian, Andi Kaswadi Razak-Lutfi Halide (Soppeng), Basli Ali-Syaiful Arif (Kepulauan Selayar), Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf (Bulukumba), Theofilus Allorerung-Zadrak Tombeg (Tana Toraja), Andi Indah Putri Indriani-Suaib Mansyur (Luwu Utara), dan Budiman Hakim (Luwu Timur).

Kepada kepala daerah yang baru saja dilantik, Gubernur Sulsel berpesan agar tetap fokus pada penanganan untuk memutus rantai penularan Covid-19, melakukan upaya pemulihan ekonomi nasional, mensukseskan program vaksinasi Covid-19 dan menurunkan angka stunting.

Selain pelantikan kepala daerah, acara juga dilanjutkan dengan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda daerah oleh Ketua TP PKK Provinsi Sulsel, Liestiaty F Nurdin

Diketahui, ini merupakan jabatan Bupati kedua Theofilus Allorerung, yang sebelumnya berpasangan dengan Istri mantan Bupati Tana Toraja 2 Periode, Johanis Amping Situru’, Adelheid Sosang.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *