Diskominfo Palopo Gelar Bimtek “LAPOR”

oleh

PALOPO, SATU BERITA | Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Palopo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Sistem Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) sebagai sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Secara Nasional, yang berlangsung di Auditorium Saokotae, Senin 24 Juni 2019.

Dalam laporan Kepala Dinas Kominfo Baso Ahmad SH, mengatakan
Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) semata-mata untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, demokratis, terpercaya melalui penguatan semangat akuntabilitas pemerintahan berbasis partisipasi masyarakat.

“Aplikasi LAPOR ini didasarkan pula oleh makin meningkatnya penggunaan atau pemanfaatan media telekomunikasi yang makin maju dan berkembang saat ini” Ungkapnya.

LAPOR ini lanjutnya, sekaligus untuk mewujudkan penguatan sinergitas dan koordinasi yang intens diantara OPD lingkup pemkot palopo termasuk terjalinnya kemitraan dan keterhubungan dengan sejumlah unit teknis baik dari lingkup pemda maupun lembaga/instansi vertikal melalui alur dan SOP yang telah ditentukan.

Sementara itu, Walikota Palopo yang diwakili oleh Wakil Walikota Palopo Ir. Rahmat Masri Bandaso (RMB) memberikan apresiasi atas pelaksanaan bimtek tersebut.

Karena menurutnya terciptanya suatu tata kelola pemerintahan yang baik salah satunya pada kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintahannya.

“Pemberian pelayanan publik yang baik kepada masyarakat akan memberi nilai positif dalam menciptakan dukungan terhadap kinerja pemerintah”.ungkap RMB

Lanjut RMB, upaya peningkatan kualitas pelayanan publik selain diawali dari sistem pelayanannya juga harus memfokuskan pada perbaikan pelayanan yang didasarkan pada penjaringan informasi melalui keterlibatan partisipasi masyarakat

“Ini artinya pelayanan publik bermutu dan responsif dapat diwujudkan jika terdapat prinsip transparansi dan partisipasi sehingga masyarakat berhak tahu apa yang direncanakan atau yang dilakukan oleh pemerintah”. Paparnya.

Melalui aplikasi LAPOR ini tambahnya, diharapkan dapat merangkul dan menjaring informasi dari masyarakat umum terkait pelaksanaan pembangunan serta semua instansi yang menyelenggarakan pelayanan publik sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanannya”. Harap RMB.

Tampak hadir Sekretaris Daerah Kota Palopo, H. Jamaluddin, Provincial Advisor transformasi Ciz Prov. Sulsel, Fadiah Mahmud, serta seluruh seluruh peserta bimtek. (humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *