Hari Ketiga, Kab. Luwu Tampilkan Sanggar Seni “Sallang Ri Luwu”

SABER, PALOPO  |  Peringatan Hari Jadi Luwu ke 755 dan Perlawanan Rakyat Luwu ke 77 Kota Palopo tahun 2023 di lapangan Pancasila terus berlanjut, malam ini adalah malam ketiga pelaksanaan kegiatan tersebut.

Sebelumnya berbagai kegiatan telah dilaksanakan dalam perhelatan ini diantaranya perlombaan Qasida antar Kecamatan, penjualan produk UMKM, Pentas Seni Budaya, Permainan Rakyat dan Pasar Murah, yang akan berlangsung hingga 20 Januari 2023 mendatang.

Bacaan Lainnya

Dengan tema “Ekonomi Tumbuh Tanah Luwu Sejahtera”, Lapangan Pancasila dipadati berbagai kegiatan dan aktifitas dari warga Kota Palopo maupun warga diluar Kota Palopo yang menyepatkan diri untuk datang di Kota Palopo dan ikut memeriahkan Peringatan Hari Jadi Luwu ke 755 dan Perlawanan Rakyat Luwu ke 77 Kota Palopo tahun 2023.

Tandi Raja salah satu pengunjung berasal dari Kab.Luwu yang juga mewakili Dinas Pariwisata Kab. Luwu mengatakan sengaja mendatangkan sanggar seni binaan Dinas Pariwisata Kab. Luwu “Sallang Ri Luwu” untuk hadir dan turut memeriahkan kegiatan.

Dengan menampilkan tari Ta’bi Ballona Tongkonan tarian yang diangkat dan kolaborasi dari Passailo’ putri Bangsawan penghuni Banua APa’ Tongkonan Annan Pulona, Basse Sangtempe, dimana dahulu kala disetiap acara adat di Tongkonan maka putri Bangsawan kerabat Tongkonan menghibur para undangan dengan tariannya Yang dalam bahasa tutur To Basse Sangtempe disebut Massailo.

Sementara itu Ketua TP-PKK Kota Palopo, Utia Sari Judas yang hadir juga sekaligus selaku dewan juri didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Palopo Isnada Firmanza dan Marhuma perwakilan Kemenag Kota Palopo pada malam ke tiga ini menyaksikan lanjutan Perlombaan Qasida antar Kecamatan perwakilan dari Kecamatan Wara, Sendana, Mungkajang dan Wara Utara.

Kegiatan ini juga dimeriahkan persembahan tarian dan musik dari berbagai sanggar yang ada di Kota Palopo, Sanggar Seni BA. management, HMK UNISMUH, Banoanta, Sanggar Seni SMP Neg.3, SMP Neg.6 Palopo, Sanggar Seni L’ Art ati Dewantara dan Sanggar Seni S2UCP.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.