Hebat! Siswa SMP Progresif Bumi Shalawat Ini Juara Di Kanca Internasional Bergensi

SABER, JAKARTA | Baru-baru ini para peneliti cilik asal International Islamic Boarding Schools SMP Progresif Bumi Shalawat telah berhasil menyabet berbagai penghargaan sekaligus dalam ajang World Science Environment and Engineering Competition (WSEEC), acara ini merupakan acara bergengsi tahunan dari Universitas Indoensia X Indonesia Young Scintist Association yang diikuti oleh kurang lebih 20 Negara di dunia, dengan jumlah peserta 300+.

Dalam lomba ini perwakilan SMP Progresif Bumi Shalawat dengan anggota Muhammad Anies Sya’roni, Ahmad Mujtaba Arafa, Muhammad Lutfi Raziq, Shaula Rigiel Andromeda, dibawah bimbingan Ust. Muhammad Syarifuddin, S.Pd., CIAR. Membuat suatu inovasi yang berjudul “PINTER FARMING CONCEPT (PORTABLE GREENHOUSE AND INTERCONNECTED FARMING MARKETS) BASED ON LOCAL WISDOM OF THE BEDOUIN TRIBE”

Pinter farming yang dibuat secara sederhana yang dapat membuat masyarakat produktif ditengah kasus pandemic covid-19 di Indonesia, pinter farming sendiri suatu konsep sederhana untuk menanam sayur-sayuran, buah, dll dengan system hidroponik, dan dikombinasi dengan kearifan lokal suku baduy yaitu leuit dan beas paralek.

Leuit merupakan lumbung pangan keluarga, yang memiliki arti bahwa setiap masyarakat saat panen dapat menyimpan dirumah sebagai kebutuhan yang akan datang, sedangkan beas paralek merupakn lumbung pangan desa, yang artinya jika lumbung pangan keluarga sudah terpenuhi maka masyarakat dapat menyimpan ke lumbung pangan desa, dan akan diperjual belikan dengan aplikasi iGreenFarm, aplikasi ini akan membantu semua kebutuhan petani dalam jual beli hasil panen, informasi berbagai penyakit tanaman dan cara mengatasinya, diskusi sesama petani, dll.

Salah satu anggota mengatakan, “kami melakukan penelitian ini cukup lama dan penuh perjuangan, alhamdulilah semua terbayarkan dengan hasil yang sangat memuskan- Anies”

Perlu diketahui dalan ajang WSEEC UI pada 17-20 Juli 2022 tim SMP Progresif Bumi Shalawat menjuarai 3 kategori sekaligus, diantaranya:

  • Juara 1 atau setara Medali Emas
  • Best Innovation Project from Universitas Indoensia
  • Spesial Award from Malaysia

Dari pengharaan itu kontingen SMP Progresif Bumi Shalawat dinobatkan menjadi juara terbanyak dalam event bergengsi WSEEC UI 2022. (*/dirman)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.