Kasus FPI Dinilai Tidak Manusiawi, HMI Cabang Palopo Tuntut Kapolri Di Copot

oleh

PALOPO, SABER | Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Palopo, kembali melakukan aksi demonstrasi di depan Mapolres Palopo Jl Opu Tosappaile, Kecamatan Wara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Senin (28/12/2020) siang.

Demo tersebut masih dengan tuntutan yang sama yakni meminta Presiden Jokowi mencopot Kapolri Jenderal Idham Azis.

Menegakkan supremasi hukum dan meminta Komnas HAM untuk bekerja secara profesional.

Wakapolres Palopo, Kompol Budi Gunawan yang menerima para demonstran berjanji akan meneruskan tuntutan mereka.

“Tiga aspirasi tuntutan adik-adik ini akan kami sampaikan ke tingkat atas,” kata Budi Gunawan singkat.

Merespon hal itu, Jenderal Lapangan Rival Renaldi mengatakan akan kembali lagi memastikan apakah aspirasi mereka telah disampaikan.

“Kami akan kembali pekan depan untuk memastikan apakah tuntutan itu telah disampaikan ke pusat, sekaligus apa tanggapan tanggapan dari pusat soal tuntutan kami,” kata Rival.

Seusai melakukan aksi di depan Mapolres Palopo, mereka juga melakukan demonstrasi di depan gedung DPRD Kota Palopo pada sekitar pukul 14:20 Wita.

Diberitakan sebelumnya para peserta demo menuntut Kapolri dicopot karena dua hal.

Mereka menuntut Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis dicopot dari jabatannya karena dinilai melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

Jenderal Lapangan Rival Rinaldi mengatakan aksi dilakukan menyusul terjadinya tembak menembak antara kepolisian dengan masyarakat di Jl Tol Cikampek KM 50, pada Senin (7/12/2020) lalu.

“Juga kasus pembakaran di Sigi yang belum diusut kejelasannya,” kata Rival.

Menurutnya, peristiwa ini sangat memprihatinkan sebab telah memberi duka kepada warga negara yang menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM).

“Semoga saja Komnas HAM secara kelembagaan mengedepankan profesionalitas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam mengusut kasus penembakan tersebut,” ungkapnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *