Sensus Doloksaribu: Cara Mudah Mematikan Pohon

oleh

SABER | Menebang tumbuhan dengan ukuran besar memang bukanlah suatu masalah yang mudah. Tidak hanya memerlukan kemampuan dan pengalaman yang cukup, pastinya juga wajib dengan perlengkapan yang mencukupi. Makanya disini akan dipaparkan cara mudah mematikan pohon yang berukuran besar.

Tumbuhan besar terkadang kerap membuat was-was, terutama bila terletak di tempat lalu-lalang manusia. Terlebih saat musim hujan, bisa saja tumbuhan tumbang serta memunculkan kerusakan pada area sekitarnya baik bangunan, kendaraan ataupun keselamatan jiwa.

Permasalahan lain dari keberadaan tumbuhan besar umumnya yakni sampah yang berantakan dari dedaunan sehingga bisa menutup drainase. Akarnya yang menjalar yang bisa jadi akan mengganggu bangunan sekitarnya.

Meski hendaknya Anda menjaga serta melindungi tumbuhan supaya tetap berguna, tetapi ada kalanya Anda tidak memiliki opsi lain tidak hanya menghilangkan tumbuhan besar tersebut. Nah buat bisa menghilangkan tumbuhan besar tanpa wajib menebangnya, berikut langkah-langkahnya.

Cara Mematikan Pohon Besar Tanpa Wajib Ditebang

Mematikan pohon besar dengan tidak menebang bisa dilakukan dengan bermacam cara. Tetapi pada postingan kali ini akan dibagikan cara mudah mematikan pohon besar dengan memakai toksin atau herbisida.

Herbisida sendiri merupakan toksin kimia yang umumnya digunakan buat pembasmi gulma ataupun tumbuhan pengganggu. Herbisida terkategori lumayan mudah ditemui, nyaris beebrapa besar toko pertanian menjual Herbisida dengan bermacam merk. 

Perlengkapan serta Bahan yang Dibutuhkan

  • Air
  • Herbisida
  • Ember
  • Kantong
  • Plastik
  • Tali/ karet pengikat
  • Pisau

Langkah-langkan Untuk Mematikan Pohon dengan Herbisida

  • Siapkan air didalam ember sebagai bahan kombinasi Herbisida. Takaran buat pencampuran bisa disesuaikan dengan label yang tertera pada kemasan. Bisa jadi akan terdapat sedikit perbedaan dari màsing-masing merk Herbisida.
  • Sehabis dicampur dengan air serta diaduk rata, cairan ini telah dapat diaplikasikan buat mematikan pohon besar.
  • Ambil kantong plastik kemudian tuangkan cairan Herbisida kedalamnya hingga terisi kira-kira separuh. Cairan ini bisa didiamkan terlebih dulu dengan menyimpannya di tempat yang aman serta jauh dari jangkauan anak-anak.
  • Langkah berikutnya yaitu dengan menggali tanah disekitar pangkal tumbuhan hingga tampak pangkal dari tumbuhan yang akan diracun. Memilih pangkal dengan ukuran kecil kemudian potong pangkal tesebut.
  • Pangkal yang telah terpotong tersebut selanjutnya dimasukan ujungnya kedalam plastik yang telah berisi cairan Herbisida. Yakinkan ujung potongan pangkal terendam dengan baik kemudian ikat ujung plastik dengan karet/tali buat menghindari cairan tumpah serta terbuang.
  • Untuk mempercepat proses ulangi langkah ke 4 serta ke 5 pada bagian-bagian pangkal tumbuhan yang lain.
  • Pangkal tumbuhan yang terpotong tersebut nantinya akan menyerap cairan Herbisida serta menyalurkannya ke seluruh bagian tumbuhan tersebut. Proses inilah yang akan mematikan pohon besar sebab toksin yang termasuk dalam Herbisida.
  • Setelah beberapa hari, Anda akan melihat pohon tersebut pelan-pelan akan mati. Hal ini ditandai dengan daun-daun yang mulai menguning serta berguguran. Proses ini akan terus berlangsung sampai pohon betul-betul mati.

Cara mudah mematikan pohon besar yang lainnya yang bisa digunakan yaitu dengan menyuntikan langsung cairan Herbisida kedalam batang pohon. Metode ini dilakukan dengan membuat lubang langsung pada batang pohon dengan dibor. Lubang-lubang seperti itu yang natinya akan disuntikan cairan Herbisida yang akan diserap langsung oleh batang tumbuhan.

Walaupun bagaimanapun, menebang/mematikan pohon bukanlah perbuatan yang bijak. Sejatinya pohon merupakan salah satu makhluk yang banyak memberikan manfaat kepada makhluk yang lain.

Mulai dari memproduksi oksigen supaya udara jadi lebih fresh, ataupun sebagai pelindung dari panasnya cahaya matahari. Langkah-langkah dalam mematikan pohon besar tanpa ditebang ini cuma boleh dilakukan bila memang telah tidak ada pilihan lain kecuali hanya menghilangkan pohon tersebut. (Sensus Doloksaribu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.