10 Tanaman Obat Yang Ampuh, Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

oleh

SABER | Herbal tanaman atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan.

Herbal kadang-kadang disebut juga sebagai tanaman obat, sehingga dalam perkembangannya dimasukkan sebagai salah satu bentuk pengobatan alternatif.

Dilansir dari bagikan berita, Tanaman obat adalah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan. Dengan kata lain, semua jenis tanaman yang mengandung bahan atau zat aktif yang berguna untuk pengobatan bisa digolongkan sebagai herbal.

Berikut adalah 10 jenis tanaman obat paling ampuh di dunia untuk menjaga kesehatan yang wajib anda ketahui:

1. Kunyit

Jenis rempah yang satu ini sudah pasti Anda kenal dengan baik. Selain dapat memberikan warna kuning alami pada masakan, kunyit juga bermanfaat untuk meredakan radang tenggorokan, karena kunyit mengandung zat anti radang.

Selain itu kunyit juga mengandung zat aktif lain yang dapat membantu membersihkan otak dari plak, sehingga bahan herbal ini dipercaya mampu mencegah penyakit Alzheimer.

Kunyit juga dapat membantu mencegah penyakit kanker usus besar karena keberadaan zat antioksidan di dalamnya.

2. Kayu Manis

Selain aroma khas yang dimiliki oleh kayu manis, ternyata dengan rajin mengkonsumsi ekstrak kayu manis setiap harinya, bahan ini mampu mengurangi kadar gula darah sekitar 10 persen, dengan demikian mampu mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

3. Jahe

Tanaman herbal ini sangat dikenal dapat menghangatkan badan, karena jahe memang dapat membantu mengatur laju aliran darah.

Berdasarkan penelitian para ahli, dengan mengkonsumsi jahe Anda dapat mencegah sakit perut termasuk mencegah rasa mual, karena kandungan antioksidan di dalam jahe yang bekerja dengan menahan efek serotonin dan menghentikan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu jahe juga dapat mengurangi rasa nyeri pada penderita osteoarthritis.

Penelitian di Michigan membuktikan bahwa jahe mampu membunuh sel kanker rahim sebaik bahkan lebih baik dari pengobatan kemoterapi.

4. Bawang Putih

Aroma kuat bawang putih tak jarang membuat Anda mengurungkan diri untuk mengkonsumsi bahan herbal ini.

Padahal banyak manfaat yang dapat diperoleh dari bawang putih. Manfaat ekstrim yang dapat Anda peroleh yakni bawang putih mampu meminimalisir kanker.

Selain itu kandungan zat aktif didalamnya mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat pula mencegah stroke.

5. Rosemary

Tanaman herbal berikut ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan bunga mawar.

Jenis herbal ini banyak digunakan di dalam resep masakan dengan rasanya yang khas yakni pahit bercampur sepat.

Karena kandungan zat antioksidan yang cukup tinggi, maka umumnya ditambahkan pada masakan yang di panggang.

Fungsinya adalah untuk mengurangi zat-zat karsinogen di dalam makanan yang dimasak. Rosemary juga mengandung bahan aktif berupa asam karnosik (carnosic acid) yang mampu melindungi otak dari radikal bebas sehingga dapat menurunkan resiko terkena penyakit Alzheimer dan stroke.

6. Holy Basil

Selain ditambahkan pada menu masakan dan minuman the, Holy basil juga memiliki kegunaan yang tidak kalah hebat dengan tanaman herbal lainnya.

Karena kemampuannya dalam meningkatkan adrenalin dan noradrenalin serta menurunkan serotonin, maka tanaman ini dapat membantu Anda dalam menurunkan stress.

Tak hanya itu, berdasarkan penelitian, Holy basil pun efektif untuk mengurangi kadar gula darah sehingga dapat membantu penderita diabetes dan dapat mengurangi kadar kolesterol serta menghambat terbentuknya kanker payudara.

7. St. John’s Wort

Tumbuhan herbal menjalar ini biasanya digunakan untuk proses penyembuhan pada penderita depresi. Kandungan Hyperforin didalamnya dapat membantu Anda untuk mengurangi asupan alkohol. Tanaman ini memiliki kandungan melatonin yang dapat memperbaiki kualitas tidur Anda.

8. Andrographis

Tanaman herbal asli India dan Srilanka ini telah menjadi bahan penelitian bagi para ahli selama lebih kurang 30 tahun.

Tanaman ini dikenal ampuh untuk mengatasi infeksi saluran pernapasan dan dapat membantu melindungi hati.

9. Sea Buckthorn

Jenis tumbuhan herbal yang satu ini banyak terdapat di negara-negara Eropa dan Asia. Tanaman ini kaya akan vitamin dan nutrisi.

Biasanya digunakan dalam produk perawatan kulit dan suplemen diet. Karena di dalamnya terdapat kandungan asam lemak yang dapat membantu melembabkan selaput lendir dan vagina.

10. Kudzu

Tanaman asli Jepang ini biasanya digunakan dalam menu makanan seperti salad. Didalamnya terdapat kandungan vitamin A dan C.

Kudzu sangat membantu bagi para pecandu Alkohol. Karena dengan mengkonsumsi Kudzu, akan terjadi reaksi di dalam otak yang akan memerintahkan Anda untuk berhenti minum Alkohol, masih dilakukan penelitian lebih lanjut tentang keterkaitan bahan ini dengan sistem otak. Dalam pengobatan tradisional Cina, Kudzu digunakan untuk membantu menyembuhkan vertigo.

Meskipun bersifat alami, namun jika berlebihan maka bahan herbal juga dapat memberikan efek negatif.

Oleh karenanya ada baiknya sebelum mengkonsumsi produk-produk herbal, Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar herbal yang Anda gunakan dapat bekerja secara efektif dan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *