Gelar Seleksi Calon Kepsek, FKJ: Yang Memenuhi 13 Standar Kompetensi

oleh

PALOPO, SABER | Pemerintah kota Palopo bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Selatan dan Lembaga Pengembangan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Kepala Sekolah (LPPKSPS) tahun 2021, menggelar kegiatan seleksi substansi bakal calon kepala sekolah, Rabu, 1/9/2021.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Kota Palopo, dibuka secara resmi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palopo Farid Kasim Judas SH, M.Si, MH, yang mewakili Wali Kota Palopo.

Dalam sambutannya, Farid Kasim Judas mengatakan, masa depan untuk anak didik dan masa depan kualitas pendidikan, ditentukan dari kompetensi seorang guru.

Dan yang wajar menjadi kepala sekolah nantinya yaitu seorang guru yang telah memenuhi 13 standar kompetensi. Salah satunya, memiliki kompetensi kepribadian yang baik,” bebernya.

Farid Kasim Judas menegaskan, belum tentu seluruh kepala sekolah dan guru yang mengikuti kegiatan seleksi substansi bakal calon kepala sekolah tahun 2021 ini akan lolos. Karena, seleksi ini hanya dikhususkan bagi peserta bakal calon kepala sekolah yang bersyarat dan memiliki kapasitas serta kompetensi guna mendapatkan sertifikasi calon kepala sekolah.

Perwakilan LPPKSPS Sulawesi Selatan Prof Patang menjelaskan, peran dan tanggung jawab antar lembaga terkait dalam program penyiapan calon kepala sekolah serta pengangkatan kepala sekolah, hanya dikhususkan bagi calon yang telah mengikuti proyeksi kebutuhan pengusulan bakal calon seleksi administrasi seleksi substansi diklat penertiban STTPP CKS dan pernah diangkat menjadi  pimpinan tertinggi di sekolah.

Sementara Kepala LPMP Provinsi Sulsel Dr Abdul Halim Muharram, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, dalam pelaksanaan rekrutmen atau seleksi bakal calon kepala sekolah, akan menjadi rekomendasi untuk menjadi kepala sekolah pada tahun 2022 mendatang. Ini, akan ditandai dalam program guru penggerak kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Menurutnya, peserta hanya dikhususkan bagi yang telah mengikuti seleksi administrasi dan seleksi substansi.

Peserta yang lolos menjadi calon Kepsek akan ditandai melalui program guru penggerak Kota Palopo. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.