Tak Hanya Obati Diare, Ternyata Daun Jambu Biji Bisa Menurunkan Berat Badan

oleh
Foto Google (istimewa)

SABER | Tidak hanya dengan buahnya saja, daun jambu biji juga bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat daun biji berasal dari berbagai macam kandungan yang ada di dalamnya. Mulai dari antiinflamasi, antibakteri, antioksidan, tannin, flavonoid, karotenoid, dan lain-lain.

Ada 4 Manfaat Daun Jambu Biji Sebagai Berikut:

1. Menurunkan Kolesterol
Apakah Anda memiliki jumlah kolesterol jahat berlebih dalam tubuh? Jika iya, hal itu bisa diatasi dengan mengonsumsi daun jambu biji secara rutin. Mengutip dari Krishi Jagran (krishijagran.com), daun jambu biji bisa menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida.

Efek tersebut tak berpengaruh pada jumlah kolesterol sehat dalam tubuh Anda. Selain itu, daun jambu biji juga bisa menguatkan kondisi liver. Cobalah untuk minum air rebusan daun jambu biji selama tiga bulan agar dampak tersebut bisa dirasakan tubuh.

2. Menurunkan Berat Badan
Mengonsumsi daun jambu biji bisa dimasukkan dalam cara menurunkan berat badan. Kandungan dalam jambu biji berguna untuk mencegah perubahan zat tepung menjadi gula. Jadi, berat badan Anda bisa turun saat mengonsumsi daun jambu biji secara rutin.

3. Mengobati Diare
Salah satu manfaat daun jambu biji adalah untuk mengobati diare. Manfaat daun jambu biji untuk mengobati diare bukanlah rahasia. Tak hanya diare, bahan alami ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi disentri. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Untuk mengobati diare, Anda perlu merebus 30 g daun jambu biji dengan segenggam tepung beras dalam segelas air. Minumlah campuran itu sebanyak dua kali dalam sehari sampai diare mereda.

Agar Anda bisa mengatasi disentri dengan baik, rebuslah akar dan daun jambu biji selama sekitar 15 menit. Setelah mendidih, saring lalu minum air rebusan itu. Namun, jangan berlebihan dalam mengonsumsi air rebusan daun jambu biji agar tak ada efek samping yang muncul.

4. Mengobati Jerawat
Manfaat daun jambu biji lainnya yang bisa Anda dapat adalah bahan alami ini mampu mengobati jerawat beserta bekas yang tersisa di kulit wajah Anda. Krishi Jagran mengatakan bahwa daun jambu biji mengandung antiseptik yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup sederhana. Pertama, tumbuk daun jambu biji hingga hancur. Setelah itu, balurkan pada jerawat atau bekas jerawat. Lakukan cara ini selama beberapa hari hingga hasil yang Anda inginkan muncul.(*)

 

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Bisa turunkan berat badan, inilah manfaat daun jambu biji untuk kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *