Tingkat Kepercayaan Masyarakat ke Institusi, TNI 92,7%, Polri Hanya 75,2%

foto google

SABER, JAKARTA | Tingkat kepercayaan masyarakat ke institusi TNI tertinggi bila dibandingkankan dengan institusi pemerintahan lainnya.

Ke institusi yang dulunya bernama ABRI ini, masyarakat menaruh kepercayaan hingga angka 92,7%.

Bacaan Lainnya

Hal ini berdasarkan hasil survei soal tingkat kepercayaan publik terhadap institusi-institusi demokrasi yang dirilis Lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI).

Selanjutnya, tingkat kepercayaan publik atau masyarakat tertinggi kedua adalah ke Presiden sebesar 85,1%. Kemudian berturut-turut ke Mahkamah Agung (MA) sebesar 79%, Mahkamah Konstitusi (MK) sebesar 78%, dan ke Polri sebesar 75,2%.

Berikutnya, masih hasil survei IPI, Masyarakat menaruh kepercayaannya ke Pengadilan sebesar 74%, ke KPK 73,8% dan Kejaksaan 73,8%.

Direktur Eksekutif lembaga IPI, Burhanuddin Muhtadi menyebut Survei Indikator ini telah digelar pada 11-21 Februari 2022. Total responden survei tersebut berjumlah 1.200 orang dari seluruh provinsi di Indonesia secara proporsional.

Proses wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan metode stratified multistage random sampling. Adapun margin of error survei ini +- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sebelumnya diberitakan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi demokrasi khususnya Partai Politik dapat dikatakan relatif rendah. Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap partai politik hanya berkisar diangka 54,2%. Sementara untuk institusi MPR sebesar 67%. Untuk DPD 64,7% dan DPR 61,2%.

Relatif rendahnya angka tersebht lantaran dilatarbelakangi sejumlah faktor. Salah satunya terkait kasus korupsi yang kerap melibatkan politikus.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *