Yuk Gowes Dari Makassar ke Toraja Utara, Berani?

oleh

TORUT, SABER | November nanti ada tantangan baru bagi pehobi naik sepeda.

Kali ini, tantangannya yakni gowes atau naik sepeda sejauh 333 kilometer dari Makassar ke Toraja Utara (Torut). Berani?

Yah, hitung-hitung sambil wisata sekaligus mencatat rekor bersepeda terjauh di Sulawesi Selatan.

Tantangan ini ditawarkan oleh panitia Jelajah Pesona Sulawesi (JPS) Sepeda Lipat Makassar (SLIM) bekerjasama Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Selatan.

Agenda gowes yang cukup melelahkan ini digelar dengan non kompetisi, November nanti.

Sejatinya, agenda ini digelar Agustus lalu, namun karena PPKM Covid-19, maka agenda ini ditunda hingga November.

Peserta gowes yang siap menerima tantangan ini akan start di Kota Makassar dan finish di Rantepao, Toraja Utara. Nantinya, kegiatan ini akan dibuka oleh Plt Gubernur dan Kapolda Sulsel.

Panitia Lokal JPS SLIM 2021, Ivan Kala’lembang, mengatakan, pihaknya sudah melakukan audience dengan Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor, Palimbong atau yang akrab disapa Dedi Palimbong, terkait agenda ini.

Audience ini juga dihadiri Ketua Sepeda Lipat Makassar, Yuli Priyono, dan beberapa panitia JPS yang hadir dari Makassar.

“Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 11 hingga 14 November 2021.

Sekaligus menyemarakkan Event Wisata sambil berolahraga bersepeda,” ujar Ivan.

Ia menjelaskan, para peserta akan melintasi sembilan kabupaten/kota di Sulsel. Karena dilaksanakan dalam suasana pandemi Covid-19, peserta masih dibatasi.

“Hanya sekitar 200 sampai 250 peserta seluruh Indonesia, dan diprioritaskan adalah komunitas dari komunitas sepeda lipat,” katanya.

Sementara itu, Wabup Torut Dedi Palimbong mengakui, kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bagus karena menggiatkan sepeda sebagai sarana tranportasi yang ramah lingkungan.

“Sekaligus untuk memicu dan memacu giat wisata dari para peserta yang berasal dari berbagai penjuru Nusantara. Ini sekaligus mempromosikan wisata kita. Sehingga, bisa memulihkan kondisi ekonomi di sektor pariwisata yang terdampak Covid-19,” beber Dedi Palimbong. Sabtu 23/10/21.

Ia juga mengingatkan pelaksana kegiatan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Rute gowes akan dibuka tiga etape, yakni etape pertama Makassar-Pinrang, etape kedua Pinrang-Cakke (Enrekang), dan etape ketiga Cakke-Torut.

Yang berani menerima tantangan ini, pendaftaran dilakukan secara online melalui website www.ikutaja.id/JPS2021 atau menghubungi ponsel panitia Om Syam 08114000957 atau Om Kaka 08114112 244.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.