Gelar Diskusi Delineasi Batas Wilayah Administrasi, Ini Sambutan RMB

oleh

PALOPO, SATU BERITA | Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Badan Informasi Goespasial bekerjasama dengan Pemerintah Kota Palopo menggelar Diskusi Delineasi Batas Wilayah Administrasi Desa/Kelurahan secara kartomerik, dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Walikota Palopo, Senin, 16 September 2019.

Sambutan Kepala Pusat Pemetaan Batas Wilayah Badan Informasi Geospacial DR. Ade Komara menyampaikan Kami adalah sebuah lembaga non kementrian yang langsung dibawah Presiden RI yang bertanggung jawab langsung dan salah satu tugas diberikan Presiden adalah menyediakan data batas desa termasuk batas wilayah 9 kelurahan di seluruh Indonesia.

Dan Presiden RI memberikan waktu hanya 2 tahun mulai 2018 hingga 2019 untuk itu kita datang ke Palopo untuk mengumpulkan data batas kelurahan yang akan disusun menjadi bagian dari basis data nasional.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Palopo Dr. Ir. H. Rahmat Masri Bandaso, mewakili Walikota Palopo, menyampaikan Sangat mengapresiasi kegiatan ini, kegiatan hari ini penting sekali di laksanakan karena kita harus tutaskan batas wilayah kita, krna selama ini batas wilayah ini kadang menimbilkan konflik antar kelurahan dan desa.

“Alhamdulillah di Kota Palopo ini sudah menjadi Lurah di banding dengan kabupaten yang masi menjadi desa yang biasa terjadi konflik karena faktor politik apalagi pada saat pemilihan kepala desa.” ujarnya.

Batas kelurah dan kecamatan harus di tuntaskan karena ini sangat penting, mudah-mudah tahun depan bisa tuntasa. kota Palopo merupakan Kota sebagai percontohan untuk batas wilayah karena itu Kota Palopo merupakan Kota kecil dan seruluh wilayahnya sudah menjadi Lurah.

Selanjutnya Rahmat Masri Bandaso menambahakn “Yang menjadi masalah biasanya batas antara Kota dengan Kabupaten, tapi ini bukan menjadi masalah karena saat ini tidak sulit lagi untuk menentukan batas antara Kota dengan Kabupaten karena peralatan yang di gunakan canggih.”

Pemerintah Kota Palopo sudah membuat UUD tentang batas wilayah, apa bila UUD sudah di buat maka batas wilayah Kota Palopo akan aman.

Kegiatan batas wilayah ini dalam rangka menerbitkan batas wilayah, apa bila batas wilayah sudah rampung maka program kerja yang akan di buat oleh para Lurah dan Camat bisa berjalan dengan lancar.

Hadir pula Asisten I Bidang Pemerintahan Buhan Nurdin, Sekretaris Daerah Kota Palopo, H. Jamaluddin Nuhung, Kabag Pemerintahan Kota Palopo, Eka Sukmawati, Camat Se Kota Palopo, Lurah Se Kota Palopo dan seluruh undangan lainnya.(us/hum)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *